BI Kalteng Salurkan Bantuan PSBI kepada UMKM

BI Kalteng Salurkan Bantuan PSBI kepada UMKM

PALANGKA RAYA, MK - Bank Indonesia (BI) terus bersinergi mendukung pemerintah menyukseskan Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (BBI) dan Bangga Berwisata #DiIndonesiaAja (BWI).

Komitmen tersebut diantaranya diwujudkan melalui penyelenggaraan Karya Kreatif Indonesia (KKI) 2021 seri 1 bertajuk bertema Sinergi, Globalisasi, dan Digitalisasi UMKM dan Sektor Pariwisata yang digelar pada 3 hingga 31 Maret 2021 di Lombok dan seluruh Kantor Perwakilan BI.

Sementara pelaksanaan KKI 2021 di Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) digelar melalui penyelenggaraan showcase UMKM binaan BI Kalteng di Hotel Swissbell Danum Palangka Raya, 10 hingga 11 Maret 2021.

Kepala Perwakilan BI Kalteng, Rihando mengatakan, ada beberapa tujuan yang ingin dicapai dalam kegiatan itu, yakni mendorong eksistensi UMKM lokal dalam kancah perdagangan nasional dan internasional.

Kemudian, bebernya, merupakan wujud sinergi dalam menyukseskan Gernas BBI dan BWI mendorong UMKM lokal go digital dengan mengunggah produk UMKM ke dalam platform digital e-katalog, memperluas penggunaan QR Code Indonesian Standard (QRIS) ke pelaku UMKM, khususnya meningkatkan pengunaan QRIS Tanpa Tatap Muka (TTM).

"Melalui e-katalog dan pembayaran yang mudah menggunakan QRIS ini masyarakat semakin mudah mendapatkan akses menjangkau produk UMKM di daerah," bebernya.

Sementara itu, Gubernur Kalteng H Sugianto Sabran melalui Sekda Provinsi, Fahrizal Fitri mengapresiasi langkah BI mendukung kesuksesan Gernas BBI melalui kegiatan KKI 2021 di seluruh Indonesia.

"Kita berharap KKI 2021 bisa memperluas Gernas BBI di masyarakat, sekaligus mendorong kemajuan UMKM Kalimantan Tengah untuk naik kelas dan berkembang, memanfaatkan peluang digitalisasi yang saat ini tengah tumbuh pesat, salah satunya melalui implementasi QRIS di 2021," imbuhnya.

Diuraikannya, berbeda dibandingkan penyelenggaraan KKI pada tahun sebelumnya, penyelarasan kegiatan KKI 2021 dengan Gernas BBI dan BWI bertujuan memberikan nilai tambah dan dampak yang lebih besar dalam mendukung
kemajuan UMKM.

"KKI 2021 ini berfokus pada penguatan peran daerah dalam mempromosikan produk UMKM, perluasan cakupan UMKM yang difasilitasi (binaan dan non binaan), dan perluasan jangkauan promosi produk UMKM hingga luar negeri melalui edukasi dan webinar potensi pasar global kepada UMKM, business matching, serta fasilitasi keikutsertaan UMKM pada pameran atau showcase," tukasnya.

Dalam kesempatan itu pula, BI Kalteng menyerahkan bantuan Program Sosial Bank Indonesia (PSBI) kepada UMKM Kalteng, berupa sarana prasarana pengembangan batik Tamiang Layang kepada Kelompok Batik Mawar Sharon, sarana prasarana pengembangan kerajinan rotan kepada Kelompok Duta Dare dan sarana prasarana pengembangan makanan berbahan dasar ikan kepada Kelompok PMEFS.

BI juga mengajak masyarakat Kalteng untuk menghadiri rangkaian kegiatan KKI secara virtual melalui website www.karyakreatifindonesia.co.id. dalam hal masyarakat ingin melihat produk UMKM Binaan BI, BI menyediakan menu katalog dan kontak pada website tersebut.[kenedy]
Lebih baru Lebih lama