Widyaiswara Hadir Bina Poktan sekitar Kampus BBPP Binuang

RANTAU, MK - Widyaiswara Balai Besar Pelatihan Pertanian (BBPP) Binuang hadir di tengah-tengah masyarakat tani sekitar kampus BBPP Binuang untuk langsung terjun membina kelompok tani (Poktan). 

Kegiatan ini telah mendapatkan dukungan dari Kepala BBPP Binuang, Dr Ir Yulia Asni Kurniawati M.Si. 

Pertemuan ini dihadiri langsung oleh Koordinator BPP Kecamatan Binuang, Penyuluh Pertanian Desa Binuang serta kelompoktani maju bersama dan Kelompok Wanita Tani Aglonema.

"Kita harus memberikan manfaat bagi orang-orang sekeliling kita. Kita harus berkinerja, untuk meningkatkan SDM pertanian,” ujar Yulia saat memberi pengarahan dalam Apel Kesadaran Nasional 17 Februari 2021 lalu.

Sementara itu, dalam sambutannya Supian selaku Koordinator Balai Penyuluhan Pertanian Binuang dan para anggota Poktan menyambut baik rencana pembinaan desa yang dilakukan oleh Widyaiswara BBPP Binuang. 

"Kami mengucapkan terima kasih atas rencana yang akan dilakukan oleh BBPP Binuang, ini kesempatan yang baik. Karena jika biasanya kita yang diundang untuk dilatih di Balai Besar, saat ini Balai yang mendatangi kita,” tuturnya menyemangati para petani dan kelompok wanita tani yang hadir.

Soleh Wahyudi, Aman Nurrahman Kahfi dan Retno Hermawan yang hadir dalam kesempatan itu menyampaikan rencana aksi pembinaan kelompok.

Ia menjelaskan bahwa untuk sementara hanya 2 kelompok yang ada di wilayah BPP Kecamatan Binuang yang akan menjadi target pembinaan, sehingga ke depannya berharap agar 2 kelompok ini akan menjadi kelompok yang mandiri, yang kemudian menjadi percontohan yang direplikasi oleh kelompok tani lainnya.

Bentuk pembinaan kelompok ini berupa kegiatan-kegiatan pendampingan teknis budidaya tanaman cabe, tomat, terong dan beberapa komoditas tanaman toga serta pengolahan hasil pertanian dalam bentuk pelatihan-pelatihan praktis. 

Selanjutnya bila kelompok ini menunjukkan perubahan positif, maka akan berlanjut pada pembinaan penguatan kelembagaantani hingga aspek bisnisnya. 

“Hanya satu syarat yang kami minta agar tujuan kita tercapai, yaitu kemauan dan komitmen kita bersama,” harap Soleh dalam pertemuan itu.[advertorial]

loading...

Posting Komentar

0 Komentar