Perdana, 31 Nakes di Kapuas Disuntik Vaksin Sinovac

Perdana, 31 Nakes di Kapuas Disuntik Vaksin Sinovac

KUALA KAPUAS, MK - Pemberian vaksin Covid-19 pertama di Kabupaten Kapuas untuk tenaga kesehatan (nakes) mulai dilaksanakan Sabtu, 30 Januari 2021 kemarin berlangsung di UPT Puskesmas Selat.

Hl ini disampaikan Kepala UPT Puskesmas Selat, dr Tonun Irawaty Panjaitan, Senin (1/2/2021).

"Dalam pelaksanaan vaksinasi kemarin, Nakes yang terdaftar untuk divaksin 50 orang. Namun, setelah dilakukan screening pra-vaksinasi, terdapat beberapa tenaga kesehatan yang tidak memenuhi kriteria, sehingga jumlah keseluruhan tenaga kesehatan yang dapat divaksin hanyalah sebanyak 31 orang," papar dr Tonun.

Menurut Kepala UPT Puskesmas Selat yang langsung memberikan suntik vaksin Covid-19 ini, proses vaksinasi sudah sesuai ketentuan World Health Center (WHO), di mana prosedur ini juga diterapkan di seluruh Indonesia. 

"Prosedur vaksinasi dibagi ke dalam empat meja, yaitu meja pertama untuk pendaftaran, dilanjutkan ke meja kedua untuk melakukan screening, kemudian di meja ketiga dilakukan penyuntikan vaksin," jelasnya.

Lanjut dr Tonun, tahap berikut masuk pada alur terakhir di meja keempat yaitu tahap observasi.

“Vaksin yang digunakan kami terima pada Jumat siang kemarin dari Pemerintah Daerah melalui Dinas Kesehatan Kabupaten Kapuas. Sesuai dengan yang telah diinfokan, vaksin ini bermerk Sinovac, sehingga 1 orang akan mendapat 2 penyuntikan yang berjarak selama 14 hari,” ujarnya.

Dijelaskannya, batas akhir penyuntikan vaksin pertama bagi tenaga kesehatan di Kabupaten Kapuas adalah pada 7 Februari 2021.

“Harapan kami, dengan telah divaksinnya seluruh tenaga kesehatan, kami pun siap untuk memvaksin masyarakat Kabupaten Kapuas yang rencananya akan dimulai beberapa hari ke depan,” tukasnya.[zulkifli]

Lebih baru Lebih lama