Karang Taruna Sabada Galang Dana Korban Kebakaran Warga Pasar Patanak

Karang Taruna Sabada Galang Dana Korban Kebakaran Warga Pasar Patanak

PULANG PISAU, MK - Karang Taruna Sabada, Kelurahan Pulang Pisau, Kabupaten Pulang Pisau, Kalimantan Tengah (Kalteng) menggelar aksi penggalangan dana membantu korban kebakaran dilingkungan komplek pasar Patanak, kota Pulang Pisau.

Aksi penggalangan dimulai sejak hari ini, Selasa (16/2/2021) hingga Jumat (19/2/2021).

Ketua Karang Taruna Sabada, M Rosyid Ridho mengatakan, aksi penggalangan dana ini sebagai bentuk kepedulian dan solidaritas terhadap korban terdampak bencana kebakaran dilingkungan komplek pasar Patanak yang terjadi pada Minggu 14 Februari 2021 pekan kemarin.

"Aksi penggalangan dana ini kita lakukan selama tiga hari, mulai 16 hingga 19 Februari 2021. Lokasi penggalangan dilakukan door to door ke rumah warga di seluruh RT di Kelurahan Pulang Pisau, dan untuk pagi tadi kita lakukan di RT 1, 2 hulu, RT 6 dan 7. Sedangkan untuk RT lainnya kita laksanakan sore ini dan dilanjutkan besok," kata Rosyid panggilan akrab M Rosyid Ridho kepada awak media ini.

Selama menggelar penggalangan dana, lanjut Rosyid, tim yang terdiri dari Karang Taruna Sabada, Staf Kelurahan Pulang Pisau dan RT ini dalam pelaksanannya tetap mematuhi protokol kesehatan (Prokes) di tengah Pandemi Covid-19 ini.

"Ini kita lakukan tidak lain guna meringankan beban saudara kita yang terdampak korban kebakaran, dan ini juga sebagai bentuk kepedulian kita terhadap sesama," imbuhnya.

Diungkapkan Rosyid, dihari pertama aksi penggalangan dana ini pihaknya berhasil mengumpulkan dana sebesar Rp 5 juta lebih.

"Dana sebesar Rp 5 juta itu kita kumpulkan dari pagi sampai siang saja, belum lagi dilanjut sore  dan hari berikutnya kita yakin melihat kepedulian warga dana yang akan kita kumpulkan terus bertambah, untuk penyaluran nanti berupa uang tunai ke korban terdampak lebaran itu," tutur Rosyid.

Terpisah, Lurah Pulang Pisau, Purwaningsih mengatakan, aksi penggalangan ini bersifat sukarela dari masyarakat kelurahan setempat.

"Bantuan ini secara sukarela saja untuk membantu warga terdampak kebakaran kemarin. Penggalangan dana dilakukan sebanyak 15 orang yang dibagi menjadi 2 kelompok, kita berharap dengan adanya bantuan tambahan ini dapat meringankan beban saudara kita yang mengalami musibah kebakaran kemarin," ucapnya.

Ia menambahkan, selain aksi penggalangan melalui door to door pihaknya juga membuka posko di depan Masjid Nurul Iman, komplek pasar Patanak.

"Posko juga ada di Depan Masjid Nurul Iman, semisal masih ada warga lainnya yang ingin membagikan sedikit rejekinya kepada saudara kita terdampak kebakaran," katanya.[manan]

Lebih baru Lebih lama