Ditinjau Dishub Pulpis, Dermaga Kalawa bakal Dibangun Halte Sungai

Ditinjau Dishub Pulpis, Dermaga Kalawa bakal Dibangun Halte Sungai

PULANG PISAU, MK - Kelurahan Kalawa merupakan salah satu dari 3 kelurahan di Kecamatan Kahayan Hilir, Kabupaten Pulang Pisau, Kalimantan Tengah yang akan dijadikan kawasan destinasi wisata di kabupaten berjuluk Handep Hapakat ini. 

Rencana pengembangan destinasi wisata di Kelurahan Kalawa itu bukan isapan jempol, mengingat sejak beberapa tahun terakhir kelurahan yang tidak jauh dari bantaran sungai Kahayan, tepatnya di seberang perkotaan Pulang Pisau, terus berbenah menghidupkan potensi wisata yang ada. 

Keseriusan pihaknya dalam pengembangan wisata terlihat dari terbentuknya kelompok sadar wisata atau Pokdarwis Kalawa.

Kemudian, potensi wisata yang akan ditonjolkan diantaranya, susur sungai Lorong Hitam, keberadaan situs Kapal Banama, spot memancing, pemandangan hutan yang masih asri dan lain sebagainya.

Untuk menunjang pengembangan wisata Kalawa, tentunya perlu kerja sama seluruh pihak. 

Hal tersebut tentunya sudah dibuktikan pemerintah daerah setempat melalui dinas-dinas terkaitnya.

Endra Setiawan, Lurah Kalawa mengapresiasi Pemerintah Kabupaten Pulang Pisau yang sejauh ini telah memberikan dukungan penuh dalam rangka pengembangan destinasi wisata di Kelurahan Kalawa ini.

"Terutama Dinas Budpar Pulpis terus mendorong Pokdarwis untuk berinovasi di daerah pengembangan destinasi wisata Kalawa. Kami mendukung secara moril maupun penganggaran nantinya," ucap Endra begitu sapaan akrab Lurah muda yang menjadi promotor warga Kalawa mengembangkan wisata di wilayah yang Ia pimpin, Jumat (5/2/2021).

Kemudian, lanjut Endra, tak hanya Disbudpar sebagai leading sektor pariwisata, dukungan dari dinas lainnya juga mengalir untuk mengembangkan wisata di Kelurahan Kalawa.

"Tadi Plt Dinas Perhubungan Pulang Pisau, Bapak Dr Supriyadi langsung meninjau lokasi wisata Kalawa, beliau akan mengusulkan pembangunan halte sungai ke pihak pemerintah pusat. Halte sungai ini nantinya berfungsi sebagai wadah bertambat kapal-kapal atau perahu yang nantinya diperuntukan sebagai transportasi susur sungai," tuturnya.

Atas dukungan ini, khususnya dinas terkait dalam pengembangan wisata Kalawa, Endra mengucapkan terimakasih kasih yang sebesar-besarnya. 

"Tentunya harapan kami semoga destinasi wisata Kalawa ini terus berkembang hingga menarik para wisatawan untuk berkunjung ke Kalawa, karena destinasi Kalawa ini tidak jauh dari perkotaan Pulang Pisau, tinggal menyeberang sungai saja dari kota," bebernya.

"Untuk pembangunan halte sungai ini semoga bisaterwujud, karena selama ini apabila air sungai surut kapal susur sungai milik desa Gohong tidak bisa bersandar didermaga Kalawa. Jadi, perlu perluasan hingga nantinya mempermudah kapal itu bersandar atau bertambat di dermaga Kalawa ini," ungkapnya.[manan]

Lebih baru Lebih lama