Desa Gohong jadi Desa Isen Mulang, Kapolsek Kahlir Tinjau Lokasi

Desa Gohong jadi Desa Isen Mulang, Kapolsek Kahlir Tinjau Lokasi

PULANG PISAU, MK - Desa Gohong adalah salah satu desa di wilayah Kecamatan Kahayan Hilir, Kabupaten Pulang Pisau, Kalimantan Tengah (Kalteng) yang saat ini menjadi Desa Isen Mulang atau Desa Tangguh.

Itu disampaikan Kapolsek Kahayan Hilir (Kahlir), Iptu Widodo kepada awak media ini, Jumat (12/2/2021).

"Kamis kemarin 11 Februari 2021, telah dilaksanakan kegiatan pencanangan Desa Gohong menjadi Desa Isen Mulang atau Desa Tangguh," kata Kapolsek Kahlir.

Adapun bentuk kegiatan yang dilakukan di lokasi desa tersebut, lanjut Widodo, pihaknya bersama aparatur desa dan masyarakat setempat meninjau lokasi sumber daya desa untuk mendukung ketahanan pangan nasional dan pergelaran sarana dan prasarana (sarpras) penanggulangan karhutla.

"Untuk Desa Gohong sudah memenuhi tiga indikator kriteria Desa Isen Mulang, karena di desa tersebut dalam penanganan Covid-19 masuk dalam zona hijau. Kemudian, kesiapan sarpras penanggulangan Karhutla lengkap dan sumber daya ketahanan pangan yang di Miliki Desa sangat potensial," terang Widodo.

Atas terwujudnya menjadi Desa Isen Mulang, Kapolsek berterimakasih kepada kepala desa bersama aparaturnya serta masyarakat setempat yang telah membantu mencanangkan Desa Gohong menjadi Desa Isen Mulang.

"Desa Gohong sudah memenuhi kriteria Desa Isen Mulang, diantaranya karena desa tersebut bebas dari Covid-19. Semoga dengan ini dapat  menjadi contoh bagi desa dan kelurahan yang ada di Kahlir. Dimana sekarang ini ketahanan pangan sangat penting, apalagi dimasa Pandemi Covid-19 yang saat ini masih berakhir," ungkapnya.

Kemudian, tambah Widodo, pihaknya mengingatkat kepala desa dan seluruh  masyarakat Desa Gohong, agar jangan mudah terpancing dengan berita hoaks. Sebab, saat ini lagi maraknya di medsos terkait peristiwa kriminal berbau sara di Kaltim. Dari itu kami ingatkan agar tetap jaga Sitkamtibmas yang kondusif," pungkasnya.

Sementara, perlu diketahui potensi sumber daya yang ada di Desa Gohong itu diantaranya ada budidaya ikan, budidaya madu kalulut, budidaya, budidaya jamur tiram, pengolahan atau penyulingan minyak Atsiri, dan wisata susur sungai.[manan]
Lebih baru Lebih lama