Tanaman Palawija Potensial Dikembangkan di Lahan Food Estate

Tanaman Palawija Potensial Dikembangkan di Lahan Food Estate

PULANG PISAU, MK - Sejumlah tanaman pangan dan jenis komoditas lainnya selain padi di lahan program Food Estate, dinilai sangat potensial untuk dikembangan. 

Di antara tanaman pangan dan komoditas itu seperti jagung, kedelai, bawang merah dan bawang putih.

Itu disampaikan, Bupati Pulang Pisau, H Edy Pratowo usai mengikuti Rakernas Pembangunan Pertanian Tahun 2021, yang dibuka langsung Presiden Joko Widodo, Senin (11/1/2021) via zoom meeting di Mess Pemkab Pulang Pisau.

"Ya, selain padi. Dikawasan Food Estate di Kalteng ini juga sangat potensial ditanami jagung, kedelai, bawang merah dan bawang putih," ucap Bupati Edy pada kesempatan itu.

Diterangkannya, Rakernas ini di antaranya juga membahas berbagai solusi berbagai yang didapati di sektor pertanian selama ini. Termasuk juga untuk membudidayakan tanaman palawija di Food Estate Pulang Pisau.

"Ini karena negara kita masih mengimpor beberapa jenis komoditas seperti jagung, kedelai  bawang merah, bawang putih dan juga gula," ujarnya.

Terpisah, disampaikan Kepala Dinas Pertanian (Distan) Pulang Pisau, Slamet Untung Riyanto, sesuai arahan Presiden Joko Widodo menekankan pentingnya pembangunan pertanian pada komoditas pertanian yang saat ini masih impor. 

"Pak Jokowi berulang kali mengingatkan agar komoditas yang masih impor ini menjadi perhatian serius," ucap Edy.

Disinggung soal kemajuan produksi di lahan Food Estate yang ada di wilayah Kabupaten Pulang Pisau, Slamet mengatakan, sesuai laporan Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo perkembangannya cukup menggembirakan.

"Food Estate ini akan terus berlanjut, pada tahun 2020 kemarin kita ditargetkan 10 ribu hektare lahan untuk dioptimalisasi, kemajuan Food Estate di Pulang Pisau cukup baik jika
dibandingkan dengan daerah lainnya," kata Slamet.

Kemudian ditanya terkait kondisi jalan yang dikabarkan saat ini rusak, Slamet tak banyak berkomentar. Karena, menurutnya masalah kondisi jalan bukan ranah pihaknya.

"Meski begitu, sesuai informasi yang kita dapati sejumlah ruas jalan menuju kawasan Food Estate itu sudah dianggarkan dan akan cepat direalisasikan. Saat ini solusi untuk sarana dan prasarana kebutuhan di lahan Food Estate di Pulang Pisau, kita menggunakan jalur sungai," ujarnya.[manan]

Lebih baru Lebih lama