Lampihong Banjir, 19 Desa Terendam

PARINGIN, MK - Kabupaten Balangan masih dilanda bencana banjir. Dari 8 Kecamatan yang ada, tercatat 7 Kecamatan di antaranya masih direndam banjir, Minggu (17/1/2021).

Meski sebagian kecamatan yang ada sudah mulai terlihat surut, namun Kecamatan Lampihong mengalami peningkatan sejak kemarin hingga kini.

Kepala BPBD Balangan, Alive Yoesfah Love melalui Kasi Kedaruratan Muhammad Syuhada menyampaikan, untuk data laporan kemarin Kecamatan Lampihong ada 11 Desa yang terdampak banjir.

"Kini Kecamatan Lampihong ada mengalami peningkatan, sedikitnya ada 19 Desa yang terdampak banjir akibat luapan air sungai Balangan, kiriman dari Kecamatan Paringin," tuturnya.

Selain itu, tambahnya Syuhada, dari 19 Desa, sekitar 632 Kepala Keluarga dan 2.011 jiwa terdampak luapan air sungai Balangan.

Desa yang terdampak, yakni Desa Tanah Habang Kanan, Desa Mundar, Desa Tanah Habang kiri, Desa Matang Hanau, Desa Kandang Jaya, Desa Lajar, Desa Papuyuan, Desa Lok Hamawang, Desa Kusambi Hilir, Desa Simpang Tiga, Desa Sungai Awang, Desa Hilir Pasar, Desa Matang Lurus ,Desa Sungai Tabuk, Desa Jimamun, Desa Kusambi Hulu, Desa Batu Merah, dan terakhir  
Desa Lampihong Kanan.

Semantara untuk ketinggian banjir bervariasi antara 50 sentimeter hingga 1 meter. Curah hujan masih tinggi di daerah pegunungan, sehingga berimbas meluapnya air sungai Balangan yang ada di daerah Kecamatan Paringin.[agus]

loading...

Posting Komentar

0 Komentar