Komisi l Ingatkan Masyarakat Perhatikan Aspek Keselamatan Transportasi Air

Komisi l Ingatkan Masyarakat Perhatikan Aspek Keselamatan Transportasi Air

BUNTOK, MK - Anggota DPRD Barito Selatan, Kalimantan Tengah, Raden Sudarto mengingatkan masyarakat yang menggunakan transportasi sungai agar selalu memperhatikan aspek keselamatan dan tetap selalu waspada. 

Ini mengingat pada Jumat (1/1/2021) lalu, terjadi kecelakaan air yang menimpa 4 warga Desa Sepala di wilayah Kelurahan Rantau Kujang, Kecamatan Jenamas.

"Beruntung saja 4 orang korban kelotok (perahu bermesin) yang tenggelam tersebut bisa diselamatkan warga sekitar," ucapnya kepada media ini, Selasa (12/1/2021).

Ia juga menjelaskan, tentunya dapat menjadi pelajaran bagi masyarakat pengguna transportasi sungai lainnya seperti kelotok cess, speedboat dan lainnya untuk terus meningkatkan aspek keselamatan.

Apalagi menurut Sudiarto, badan dari kelotok itu tidak terlalu besar, sehingga sangat berbahaya apabila ditumpangi banyak orang yang ditambah dengan banyaknya barang bawaan. 

"Kita ketahui bersama warga Barito Selatan masih banyak yang mengandalkan sarana transportasi sungai, terutama masyarakat yang bermukim di bantaran Daerah Aliran Sungai (DAS) Barito," tutur pria yang akrab disapa Haji Alex ini.

Ia berharap kejadian kecelakaan air di wilayah Kelurahan Rantau Kujang beberapa waktu lalu tidak terulang lagi. Kejadian tersebut dapat membuat tingginya kesadaran masyarakat terhadap aspek keselamatan dalam menggunakan transportasi air.[deni]
Lebih baru Lebih lama