Kampoeng Nusantara Konsep Nyaman Bernuansa Budaya Dorong Perhotelan Bergerak di Tengah Pandemi

Kampoeng Nusantara Konsep Nyaman Bernuansa Budaya Dorong Perhotelan Bergerak di Tengah Pandemi

BANJARMASIN, MK - Anda kangen pecel, gado-gado, empek-empek Palembang, kue tradisional Banjar, atau seblak ? Tenang, karena semua makanan asli Indonesia tersebut tersedia sejak pekan ini bisa ditemukan Mercure Banjarmasin.
 
Bertajuk " Kampoeng Nusantara ", Mercure Hotel Banjarmasin menggelar grand launching konsep spesial di tengah upaya mengenalkan kembali kuliner nusantara dan seni budaya Banjar di hotel berbintang. 

Jumat sore (11/12/2020), penikmat kuliner Indonesia banget sudah bisa icip-icip aneka makanan yang dibuat sesuai selera. Setelah event Kampoeng Nusantara dibuka secara resmi Kepala Dinas Pariwisata Banjarmasin, Ikhsan Al-Haq.

“Kampoeng Nusantara dibuat sesuai dengan konsepnya yang mengangkat kekayaan kuliner Nusantara. Sebagai wujud mengangkat kembali kekayaan khasanah kuliner dan budaya, terutama Kalimantan Selatan,” ucap  Albert Bennanda, Executive Assistant Manager Mercure Hotel Banjarmasin kepada wartawan.

Selain mendorong pariwisata Banua melalui kuliner Nusantara, Kampoeng Nusantara sendiri salah satu upaya menggairahkan kembali industri perhotelan setelah sempat terhimpit badai corona.

Meskipun belum sedahsyat masa normal sebelum pandemi, namun pertumbuhan perhotelan di Banjarmasin, kian menggeliat.Di satu sisi kehadiran seniman tari dan musik budaya Banjar semakin meramaikan event menyambut tamu hotel dan pencinta kuliner nusantara.
 
Menyajikan lebih dari makanan nusantara dan  khas lokal yang terkenal, Albert untuk mengenang dan menghadirkan kembali masakan tempo dulu yang dimasak oleh ibu-ibu kita.

"Inspirasi ini juga tidak terlepas ketenaran kuliner negeri tetangga seperti Thailand, kami  juga ingin makanan asli Indonesia menjadi tuan rumah di negeri sendiri dan menjadi makanan yang dikenal di dunia," ujar Albert. 

Kepala Dinas Pariwisata Banjarmasin, Ikhsan Al-Haq mengapresiasi langkah yang dilakukan sebuah hotel sekelas Mercure. Di tengah upaya membangkitkan industri perhotelan di tengah pandemi, kreativitas dan gerakan mengangkat kuliner nusantara dan kuliner Banjar patut dihargai. 

Terlebih Kampoeng Nusantara memberikan ruang bagi pelaku seni untuk berekpresi sambil menghibur tamu hotel dan pengunjung.

"Kami mengapresiasi apa yang dilakukan kawan-kawan perhotelan. Terasa geliat ekonomi nasional yang berangsur pulih dan menuju ke arah positif," sebutnya. 

'Terlebih ini juga mendorong pertumbuhan pariwisata di Banjarmasin. Mulai kuliner, produk UMKM hingga seni budaya bersinergi dalam event yang digelar untuk semua ini,” pungkas Ikhsan.[risanta]


Lebih baru Lebih lama