Bersiap Menuju PON, KONI Kalteng, Dispora dan Cabor Rapatkan Barisan

Bersiap Menuju PON, KONI Kalteng, Dispora dan Cabor Rapatkan Barisan

PALANGKA RAYA, MK - Pengurus Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Provinsi Kalimantan Tengah, Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) dengan 16 Cabang Olahraga (Cabor) yang lolos PON menggelar rapat koordinasi kesiapan atlet plus anggaran menghadapi PON Papua 2021, Rabu (23/12/2020).

Kegiatan dihadiri Ketua Harian KONI Kalteng, Christian Sancho, Sekretaris Elbadi Fardian, termasuk Bidang Pembinaan Prestasi, dan Kadispora Kalteng, Falery Tuwan untuk menjabarkan mengenai anggaran hingga mendengarkan aspirasi dan masukan dari cabor dalam menghadapi kesiapan PON.

Faleri menyampaikan, untuk komitmen bersama dalam  memperbaiki prestasi dan meningkatkan prestasi sehingga cabor yang berpotensi mendapatkan medali dan dapat mewujudkan hasil maksimal untuk membawa nama daerah Kalteng.

"Tolak ukurnya potensi yang meraih medali untuk dapat berlatih maksimal dan mewujudkan prestasi yang baik atau memperbaiki prestasi. Pemprov Kalteng telah menyiapkan anggaran Rp10 miliar untuk PON Papua 2021. Silahkan KONI Kalteng dapat segera melakukan pelatihan daerah, try out dan lainnya guna kesiapan atlet. Namun juga terus perhatikan protokol kesehatan," ungkapnya.

Dibeberkannya, Pemprov Kalteng menyarankan ke KONI Kalteng untuk melakukan pelatihan daerah, baik secara mandiri atau lainnya dengan menyesuaikan anggaran serta protokol kesehatan, sehingga kesiapan atlet PON, terutama yang cabor unggulan untuk meningkatkan latihan.

"Pemprov Kalteng sudah menyiapkan anggaran. Jadi silahkan mempersiapkan cabor  dan cabor unggulan yang berpotensi medali dapat segera  bergerak untuk melakukan berbagai kesiapan kesiapan," tandas Faleri. 

Sementara itu, Christian Sancho menuturkan, KONI Kalteng segera melakukan pelatda untuk melihat kesiapan atlet menghadapi PON Papua nanti. 

Mengenai anggaran yang disiapkan, Sancho mengatakan bahwa KONI Kalteng juga melakukan langkah-langkah dan upaya mencari anggaran tambahan untuk menyiapkan kesiapan.

"Berbagai masukan dan saran dari cabor ditampung dan pemantauan dari Bidang Binpres juga terus dilakukan. Mengenai kesiapan atlet seluruh cabor, kami optimis dapat memperbaiki prestasi di PON Papua nantinya. KONI juga melihat, mengenai kesiapan anggaran dan keperluan cabor sehingga nantinya tim Binpres dan Satuan Tugas KONI Kalteng terus memantau sembari dilakukan verifikasi lanjutan," jelasnya.

Ia menambahkan, Pemprov Kalteng yang sudah menganggarkan untuk PON Papua guna dilakukan pelaksanaan kesiapan dengan segera sembari berupaya langkah dan berharap dapat tambahan anggaran lainya sehingga semua cabor yang masuk PON bisa diberangkatkan dan masif dalam kesiapan latihan.

"Bersama Ketum, dan pengurus KONI Kalteng, mohon doanya agar Kalteng dapat meraih hasil maksimal. Dan kita optimis dalam memperbaiki prestasi di PON Papua nantinya serta menuju Kalteng Emas PON XX Papua 2021," tandasnya.[kenedy]

Lebih baru Lebih lama