Tingkatkan Kemampuan Relawan MRI Balangan Gelar Orientasi

Tingkatkan Kemampuan Relawan MRI Balangan Gelar Orientasi

PARINGIN, MK - Aksi Cepat Tanggap (ACT) Masyarakat Relawan Indonesia (MRI) Kabupaten Balangan meningkatkan kemampuan relawan dengan menggelar orientasi kemanusiaan kepada relawan baru di Danau  Tabukan Desa Panaitan Kecamatan Lampihong, Sabtu (14/11/2020).

Ketua MRI Kabupaten Balangan Nurul Yaqin mengatakan, kegiatan ini merupakan bagian dari perekrutan relawan baru, guna memberi pemahaman dan kemampuan tentang  kerelawanan.

"Sebanyak 60 peserta dari 6 Kebupaten yang mengikuti orientasi relawan ini nantinya mereka, akan dibekali kemampuan dan keahlian dalam kerelawanan," bebernya.

Dalam orientasi kemanusiaan yang digelar kali kedua ini, tambah Yaqin, lebih kepada implementasi dilapangkan langsung guna memberikan kemampuan dan keahlian yang dimiliki. 

Selain itu, peserta relawan baru yang mengikuti juga menerapkan protokol Kesehatan Covid-19.

Sementara itu Ketua Umum MRI Wilayah Kalimantan Selatan, Zainal Arifin mengatakan, sebelum nantinya relawan baru terjun lebih dalam ke kerelawanan, mereka akan diberikan pemahaman tentang kerelawanan dan tujuan organisasi MRI.

"Harapannya mereka mampu memahami dulu apa itu kerelawanan dan organisasi MRI,  sehingga mereka sudah yakin memutuskan bergabung menjadi relawan," tuturnya Zainal yang juga menjabat sebagai Kepala Cabang ACT Kelsal.

Selain itu, tambahnya Zainal, dengan diberikan pemahaman dan kemampuan tentang  kerelawanan tersebut, bisa diterapkan dalam penanganan bencana-bencana  bila suatu saat terjadi.[agus]

Lebih baru Lebih lama