Siaga Bencana, Petugas di Balangan Gelar Apel Gabungan

Siaga Bencana, Petugas di Balangan Gelar Apel Gabungan

PARINGIN, MK - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Balangan menggelar apel gabungan siaga darurat penanganan bencana banjir, tanah longsor dan angin puting beliung akibat musim hujan.

Apel dilangsungkan di Tugu Maritam Komplek Perkantoran Pemkab Balangan, Kecamatan Paringin Selatan, Kabupaten Balangan, Selasa (10/11/2020).

Dalam apel siaga darurat penanganan bencana alam langsung dipimpin Kapolres Balangan, AKBP Nur Khamid.

Kapolres Balangan AKBP Nur Khamid menyampaikan, dalam kesiapan menyikapi penanganan bencana banjir, tanah longsor dan angin puting beliung akibat musim hujan perlu kesiapan kelengkapan-kelengkapan untuk antisipasi.

"Apabila ada kejadian bencana alam banjir, tanah longsor dan mungkin angin puting beliung, kita segera menyikapinya," bebernya.

Selain itu, AKBP Nur Khamid juga mengimbau dalam memasuki musim pancaroba masyarakat diminta terus berhati-hati dan apabila terjadi bencana segera melaporkan ke posko terdekat di setiap kecamatan. 

Semantara itu, Kepala BPBD Balangan Alive Yoesfah Love mengatakan, untuk wilayah yang rentang terjadi tanah longsor  terbagi menjadi dua kecamatan yakni kecamatan Halong dan Tebing Tinggi.

"Sedangkan untuk banjir yang  lebih rawan terjadi berada di tiga kecamatan yaitu, Kecamatan Juai, Lampihong, dan sebagian Halong, sementara itu untuk Angin puting beliung lebih sering terjadi di Kecamatan Batumandi," tuturnya.

Untuk pencegahan, tambah Alive, sudah dilakukan sejak dini dengan memberikan sosialisasi ke daerah-daerah yang rawan terjadinya bencana alam.[agus]
Lebih baru Lebih lama