Pengunjung Perpustakaan Menurun, Pengelola tetap Terapkan Prokes

Pengunjung Perpustakaan Menurun, Pengelola tetap Terapkan Prokes

PARINGIN, MK - Sejak pandemi Covid-19 melanda, aktivitas kunjungan di Dinas Perpustakaan Kabupaten Balangan menurun. Jumlah pembaca setiap harinya pun dapat dihitung dengan jari

Kendati menurun, penerapan protokol kesehatan (prokes) pencegahan Covid-19 tetap konsisten dilakukan pengelola perpustakaan di daerah ini.

Terkait kunjungan yang jauh menurun, disebabkan saat ini sekolah di Kabupaten Balangan masih belum diberlakukan secara normal alias masih menerapkan  sistem daring.

Hasbi Arrasyid, Kabid Layanan Otomasi dan Kerjasama Dinas Perpustakaan Daerah Kabupaten Balangan menyampaikan, pada masa pandemi, kunjungan perpustakaan memang menurun dibanding biasanya. 

"Biasanya kunjungan yang paling banyak berasal dari anak sekolah dan para mahasiswa. Saat pandemi pun yang datang berkunjung hanya beberapa, tidak seperti biasanya," tuturnya Hasbi saat ditemui di kantornya, Rabu (11/11/2020).

Bahkan menurut Hasbi, bagi pengunjung perpustakaan pun harus menerapkan protokol kesehatan Covid-19, dengan pengukuran suhu tubuh, mencuci tangan, memakai masker serta menjaga jarak.

Sementara itu, Dicky Ilham Kamarudin, pengunjung perpustakaan mengatakan, sebelumnya ia memang sering berkunjung ke perpustakaan daerah untuk mengerjakan tugas kuliah, namun saat wabah pandemi  kunjungan terlihat sepi.

"Kunjungan lebih sepi dibanding biasanya, beberapa kali saya berkunjung hanya ada beberapa terlihat, kadang hanya saya berdua dengan teman," bebernya.

Menurutnya, selain akibat wabah pandemi Covid-19 juga pembelajaran dan tugas kuliah  sekarang menggunakan sistem daring atau online sehingga sering berdiam di rumah.[anshari]

Lebih baru Lebih lama