Nyatakan Sikap, Koalisi Masyarakat Adat Pulpis Tolak Paham Radikal

Nyatakan Sikap, Koalisi Masyarakat Adat Pulpis Tolak Paham Radikal

PULANG PISAU, MK - Koalisi masyarakat adat di Kabupaten Pulang Pisau, yang tergabung dalam beberapa organisasi kemasyarakatan (ormas) menolak dengan tegas masuknya paham radikal dari pihak ataupun kelompok tertentu yang bertujuan untuk memecahbelah Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), khususnya di kabupaten berjuluk Bumi Handep Hapakat ini.

Penolakan tersebut dideklarasikan sejumlah organisasi dari Gerakan Pemuda Asli Kalimantan (Gepak), Perkumpulan Pemuda Dayak (Perpedayak), dan Forum Pemuda Dayak (Fordayak) Kabupaten Pulang Pisau, Selasa (24/11/2020) sore di Taman Sumbu Kurung Kota Pulang Pisau.

"Penolakan ini kita deklarasikan dengan pernyataan sikap dari koalisi masyarakat adat yang tergabung di dalam organisasi Gepak, Perpedayak dan Fordayak Pulang Pisau," ucap Ketua Gepak Pulang Pisau, Edwin Toto mewakili organisasi lainnya.

Disampaikan Edvin, bahwa kemerdekaan NKRI adalah hasil perjuangan seluruh umat dan seluruh suku bangsa Indonesia.

Dari itu, lanjutnya, koalisi masyarakat adat Kabupaten Pulang Pisau menyadari Indonesia tidak terbentuk dari perjuangan satu agama atau satu suku tertentu, melainkan atas perjuangan dari seluruh elemen masyarakat yang ada di penjuru tanah air ini.

Khusus di Kabupaten Pulang Pisau ini, ungkap  Edwin Toto, masyarakat Dayak sendiri telah hidup damai dan menjunjung tinggi falsafah adat Dayak yaitu Huma Betang yang selaras dengan Bhinneka Tunggal Ika.

"Jika ada ormas seperti FPI ataupun ormas lainnya akan datang ke Bumi Handep Hapakat dan mencoba menentang falsafah Huma Betang dan Bhinneka Tunggal Ika, maka koalisi Adat Kabupaten Pulang Pisau menolak dengan tegas dan berdiri di garda terdepan guna menjaga kerukunan hidup dan keutuhan NKRI," tegasnya.

Kemudian, dirinya berharap kegiatan ini tentunya dapat diikuti oleh ormas-ormas lainnya yang ada di Kabupaten Pulang Pisau, sebagai bentuk kepedulian dan tanggungjawab bersama untuk menjaga daerah dari masuknya paham-paham radikal.

"Semoga kegiatan ini dapat memotivasi ormas lainnya di Pulpis agar sama-sama bergandengan tangan untuk menolak masuknya paham radikal," pungkasnya.[manan]

Pernyataan Sikap Koalisi Adat Pulang Pisau
1. Mendukung Sikap Tegas TNI, dalam memerangi segala bentuk ancaman terhadap kedaulatan NKRI.
2. Mendukung Polri dalam menegakkan supremasi hukum.
3. Menolak FPI dan ormas lainnya yang tidak berdasarkan Pancasila dan Bhinneka Tunggal Ika.
4. Kepada tokoh dan individu lainya yang tidak tunduk terhadap Pancasila dan hukum NKRI, jangan pernah masuk ke Bumi Handep Hapakat.
5. Koalisi Adat Pulang Pisau, siap menjadi Garda terdepan dalam menjaga keutuhan NKRI.
Lebih baru Lebih lama