Wabup Tanbu Apresiasi Bimtek Hisab Rukyat Penyuluh Agama Islam

Wabup Tanbu Apresiasi Bimtek Hisab Rukyat Penyuluh Agama Islam

BATULICIN, MK - Bimbingan Teknis (Bimtek) Hisab Rukyat bagi ASN lingkup internal digelar Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Tanah Bumbu (Tanbu) di Kapet, Kecamatan Simpang Empat, Selasa (20/10/2020).

Bimtek dibuka Wakil Bupati Tanbu, H Ready Kambo. Tak kurang 99 orang dari 10 Kecamatan di Tanbu mengikuti Bimtek ini, termasuk 1 di antaranya penyuluh ASN.

Wabup Ready menyambut baik dan sangat mengapresiasi dilaksanakannya Bimtek Hisab Rukyat bagi penyuluh Agama Islam PNS dan Non PNS.

Menurutnya, Bimtek ini selaras dengan prioritas pembangunan di Bumi Bersujud, dalam pembangunan sumber daya manusia yang bermutu dan berkualitas, disertai dengan nilai-nilai keagamaan dan keimanan yang tinggi.

Kasi Binmas Kemenag Tanbu, H Umar dalam laporannya memaparkan, sasaran kegiatan ini untuk menambah wawasan bagi para penyuluh agar dapat melakukan tindakan nyata di tengah masyarakat, khususnya tentang penentuan arah kiblat.

"Syarat sahnya salat di antaranya adalah menghadap kiblat. Namun di antara masyarakat masih ada yang ikut-ikutan terkait arah kiblat," tuturnya.

Dengan Bimtek ini diharapkan penyuluh ASN dan non ASN Kemenag Tanbu dapat menerapkan ilmunya di tengah-tengah masyarakat. Para penyuluh nantinya melakukan kompas ulang di rumah masyarakat.

Sementara itu, Kepala Kepala Kantor Kemenag Tanbu, H Ahmat Kamal mengatakan, tugas penyuluh memberikan edukasi dan pembinaan keagamaan dengan santun dan ramah. Salah satunya, dalam hal menentukan arah kiblat.

Kamal berharap kegiatan penambah ilmu dan wawasan bagi penyuluh agama ini dapat dilaksanakan lagi ke depannya, karena sangat besar manfaatnya bagi masyarakat.

Penyuluhan Agama Islam merupakan ujung tombak Kemenag dalam melaksanakan penerangan Agam Islam di tengah-tengah masyarakat. Juga dapat menjalankan peran strategisnya secara maksimal dalam melakukan kegiatan bimbingan atau penyuluhan agama Islam.

Ke depan diharapkan terbentuk mental, moral, dan nilai ketaqwaan umat serta turut mendorong peningkatan kualitas kehidupan umat dalam berbagai bidang baiki dibidang keagamaan maupun pembangunan.[joni]

Lebih baru Lebih lama