Semangat Gapoktan 'Bersatu' Siap Sukseskan Food Estate

Semangat Gapoktan 'Bersatu' Siap Sukseskan Food Estate

KUALA KAPUAS, MK - Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan) adalah kumpulan beberapa Kelompok Tani (Poktan) yang bergabung dan bekerjasama untuk meningkatkan skala ekonomi dan efisiensi usaha.

Hal ini seperti tertuang dalam Peraturan Menteri Pertanian Republik Indonesia nomor 67/Permentan/SM.050/12/2016 tentang Pembinaan Kelembagaan Petani.

Gapoktan “Bersatu” yang berada di Desa Anjir Mambulau Timur, Kecamatan Kapuas Timur, Kabupaten Kapuas, Provinsi Kalimantan Tengah merupakan salah satu Gapoktan yang wilayahnya masuk dalam kawasan program Food Estate. 

Gapoktan “Bersatu” merupakan gabungan dari 9 Poktan dengan luasan kawasan Food Estate sebanyak 250 hektare. 

Berkenaan dengan hal itu, dalam upaya meningkatkan peran Gapoktan “Bersatu” guna menyukseskan program Food Estate, salah kegiatan yang dilakukan saat ini yaitu melaksanakan Rapat Kerja (Raker) di Sekretariat Gapoktan Bersatu di Jalan Trans Kalimantan Km 7, Minggu (25/10/2020). 

Raker dihadiri oleh seluruh Poktan di Desa Anjir Mambulau Timur, PPL Desa Anjir Mabulau Timur, Mantri Tani Kecamatan Kapuas Timur dan Ketua Gapoktan Desa Anjir Serapat Barat. 

Selain itu Raker Gapoktan juga dihadiri oleh Camat Kapuas Timur, Kepala Desa Anjir Mambulau Timur serta Widyaiswara dari Balai Besar Pelatihan Pertanian (BBPP) Binuang Kalimantan Selatan yang diminta sebagai narasumber dalam pertemuan tersebut.

Pertemuan yang dipimpin Suhardi, Ketua Gapoktan “Bersatu” menyampaikan, Raker ini adalah sebagai upaya menyusun program yang akan di laksanakan oleh Gapoktan “Bersatu” dalam waktu hingga akhir tahun ini hingga satu tahun ke depan yang dikaitkan dengan Program Food Estate.

"Program kerja ini disusun sebagai tolak ukur keberhasilan dari Gapoktan itu sendiri dalam menjalankan tugas dan fungsinya," ungkap Suhardi.

Kesepakatan dari hasil rapat yang tertuang dalam notulen rapat dan dibacakan oleh Suhardi, yaitu 1) pertemuan Gapoktan dilaksanakan secara rutin setiap bulan pada minggu pertam; 2) Penguatan pengadministrasian Gapoktan dan poktan; 3) iuran anggota Gapoktan; dan 4) pembetukan Koperasi Petani dengan bidang usaha Simpan Pinjam, Pengilingan Beras (RMU) dan pemasaran beras dalam kemasan.

Kemudian; 5) penyusunan AD/ART Gapoktan; 6) pengusulan Badan Hukum Gapoktan; 7) Pendirian Kantor Gapoktan dan 8) usulan pangadaan sarana prasarana berupa; a) irigasi, dan pendalaman handil; b) sumur bor; c) pintu air; d) jembatan dan jalan usaha tani; e) tanggul sawah dan Alsintan, pengusulan, Traktor baik TR2 maupun TR4.

Pada kesempatan Raker, Ansyari S.Pd MA selaku Camat Kecamatan Kapuas Timur menyampaikan apresiasi kepada Gapoktan Bersatu Desa Anjir Mambulau Timur atas semangat yang tinggi hingga  terselenggaranya Raker ini. 

Ansyari sangat berharap Gapoktan ini menjadi pionir untuk kemajuan pertanian di Kecamatan Kapuas Timur dan sudah barang tentu bahwa pemerintah Kabupaten Kapuas melalui Pemerintah Kecamatan Kapuas Timur mendukung penuh program yang telah disusun oleh Gapoktan “Bersatu” Desa Anjir Mambulau Timur. 

"Jangan baju kaos yang sekarang ini saja yang seragam tapi hati, jiwa dan gerak langkah serta semangat tinggi harus seragam," tutur Ansyari dengan tersenyum.

Menurutnya, Gapoktan ini harus punya andil yang maksimal mensukseskan program Food Estate yang sudah dicanangkan pemerintah ini adalah kesempatan untuk meraih kesejahteraan.

Begitu pula Mulyadi selaku Kepala Desa Anjir Mambulau Timur. Ia menyatakan sangat bangga memiliki anngota masyarakatnya yang tergabung dalam Gapoktan dan akan mendukung program Gapoktan serta akan mensinergikannya dengan program desa.

Di akhir kegiatan, Yusuf Rijayanto, MA, Widyaiswara BBPP Binuang mengingatkan, dalam penyusunan dan pelaksanaan program kerja Gapoktan didasarkan atas skala prioritas. 

Yusuf juga dengan tegas menyatakan kesiapan, kekompokan, kesatuan Gapoktan menjadi salah satu persyaratan keberhasilan program Food Estate ini, melalui Gapoktan yang “Kuat dan Mandiri” tujuan program-program pemerintah di bidang pertanian dapat diraih.

"Koorporasi pertanian melalui program Food Estate ini akan menjadikan pertanian yang maju, ketahanan pangan kita yang kokoh dan pastinya meningkatkan kesejahteraan petani dan kita semua," terangnya. 

Di akhir penyampaian materi, Yusuf menyampaikan terima kasih dan penghargaan kepada Gapoktan, Camat dan semua pihak yang akan mensukseskan program Food Estate ini dan BBPP Binuang siap untuk selalu mendampingi.[advertorial]

Lebih baru Lebih lama