Peserta Pilkada Kalteng Teken Pakta Integritas

Peserta Pilkada Kalteng Teken Pakta Integritas

PALANGKA RAYA, MK - Pasangan Calon Gubernur - Wakil Gubernur Kalimantan Tengah (Kalteng) tahun 2020 menandatangani pakta integritas terhadap protokol kesehatan Covid-19.

Kegiatan yang digelar secara daring melalui aplikasi Zoom Meeting, bertempat di Aula Eka Hapakat, Selasa (6/10/2020) tersebut dihadiri dan disaksikan oleh Plt Gubernur Kalteng, Habib Ismail Bin Yahya yang diwakili Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat, Hamka.
 
Pembacaan dan penandatanganan pakta integritas dilakukan oleh kedua paslon. Pakta integritas juga diketahui dan ditandatangani Plt Gubernur Kalteng, Kapolda Kalteng, Kajati Kalteng, Danrem 102/Pjg, Ketua KPU Provinsi Kalteng, Satgas Percepatan Penanganan Covid-19 Kalteng dan Ketua Bawaslu Provinsi Kalteng.

Deklarasi berupa penandatanganan pakta integritas untuk patuh terhadap protokol kesehatan Covid-19 bagi peserta pemilihan, baik Paslon Kepala Daerah maupun Tim Kampanye paslon tersebut dilaksanakan menyusul terbentuknya Kelompok Kerja (Pokja) Pencegahan, Pengawasan, dan Penindakan Pelanggaran Protokol Kesehatan Covid-19 pada Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Kalteng tahun 2020.

Amanat Plt Gubernur yang dibacakan Asisten I mengatakan, kegiatan itu merupakan tindak lanjut dari arahan Menteri DaIam Negeri pada Rapat Koordinasi Disiplin dan Penegakan Hukum Protokol Kesehatan dalam Pilkada 2020 yang diikuti unsur Pemerintah Pusat, penyelenggara Pemilu, dan Forkopimda Provinsi.

"Kegiatan ini juga merupakan tindak lanjut dari PKPU RI Nomor 13 Tahun 2020 tentang Perubahan Kedua atas Peraturan Komisi Pemilihan Umum Nomor 6 Tahun 2020 tentang Pelaksanaan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, dan/atau Walikota dan Wakil Walikota Serentak lanjutan dalam kondisi bencana non alam Covid-19," ungkapnya.

Lanjut dikatakan, Pilkada serentak tahun 2020 di Provinsi Kalteng dilaksanakan dalam kondisi mewabahnya pandemi Covid-19. 

"Karena itu, saya selaku Pemerintah Daerah tidak bosan-bosannya menekankan, mari kita bersama-sama, baik itu pemerintah, penyelenggara Pilkada, aparat keamanan, maupun masyarakat, taat dan disiplin pada protokol kesehatan atau yang biasa disingkat 4M, yaitu memakai masker, mencuci tangan menggunakan sabun dan air mengalir, serta penggunaan hand sanitizer, menjaga jarak minimal 1,5 meter dengan orang sekitar, dan menjauhi kerumunan," bebernya.

Dirinya juga meyakini bahwa dengan taat pada protokol kesehatan, mata rantai penyebaran Covid-19 di Kalteng dapat diputus.

"Saya sangat mengapresiasi kegiatan penandatanganan pakta integritas ini. Menjadi harapan bersama semua pihak yang terlibat dalam kontestasi Pilkada tahun 2020, baik paslon, tim pemenangan, partai politik agar bersedia selalu menaati protokol kesehatan dalam setiap kegiatan yang dilakukan, terlebih lagi pada saat pelaksanaan kampanye," tegasnya.[kenedy/adv]
Lebih baru Lebih lama