Pacu Skill Kewirausahaan, Disbudpar Latih Puluhan WUB

Pacu Skill Kewirausahaan, Disbudpar Latih Puluhan WUB

BANJARMASIN, MK - Peningkatan kemampuan atau soft skill dilakukan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Banjarmasin kepada para Wira Usaha Baru (WUB).

Ini ditunjukkan dengan menggelar pelatihan Kewirausahaan di bidang pariwisata. Pelatihan dilangsungkan di SMK Bina Banua, Kecamatan Banjarmasin Timur. Kegiatan edukasi ini digelar selama 3 hari, 8 hingga 10 Oktober 2020.

Pelatihan ini diikuti oleh 7 peserta dari komunitas Craft atau kerajinan tangan yang ada di Kota Seribu Sungai.

Kasi Informasi dan Teknologi Bidang SDM, Disbudpar Kota Banjarmasin, Firmansyah menjelaskan, tujuan pelatihan ini tidak lain untuk menciptakan peluang bagi masyarakat dalam membuka WUB di bidang kepariwisataan.

"Kita menargetkan sebanyak 75 WUB di setiap tahunnya," terangnya.

Di tahun 2020 ini, lanjutnya, Disbudpar Banjarmasin telah membangun 37 WUB.

"Kalau binaan dinas Kebudayaan dan pariwisata dari 2016 sampai dengan 2019 ada sebanyak 265 WUB yang tercipta," ungkapnya.

Sebelumnya, program Disbudpar yang berasal dari Dana Insentif Daerah ini juga telah mengadakan pelatihan foto cerita (story Telling) di Digital Borneo selama 3 hari, 5 hingga 7 Oktober 2020.

"Di pelatihan ini ada 10 peserta WUB yang kita bimbing untuk bisa berkembang," sebuah Firman.

Firman berharap dengan diberikannya pelatihan, seluruh peserta yang sudah diberi pembekalan oleh Disbudpar dalam mewujudkan WUB yang berkualitas ini bisa bertahan dan mampu meningkatkan taraf perekonomian keluarga.

"Tentunya juga bisa memajukan nilai dari aspek pariwisata yang ada di Kota Banjarmasin," pungkasnya.[mia/rilis]

Lebih baru Lebih lama