Nostalgia di Masjid Agung Nurussalam, Zairullah Janji Benahi Masjid

BATULICIN, MK - dr HM Zairullah Azhar, ternyata sering bernostalgia di Masjid Agung Nurussalam yang berada di wilayah perkantoran Pemerintahan Kabuaten Tanah Bumbu (Tanbu) yang ada di kawasan Kelurahan Gunung Tinggi Kecamatan Batulicin.

Itu terungkap saat, dr HM Zairullah Azhar menyempatkan diri mampir ke masjid ini, untuk melaksanakan salat Magrib, usai melaksanakan kampanye dan sosialisasi di sejumlah desa di Kecamatan Kusan Hilir, Sabtu (3/10/2020). 

Masjid Agung Nurussalam ini, adalah masjid yang dibangun di masa Pemerintahan Zairullah Azhar di periode pertama, usai Tanah Bumbu dimekarkan sejak 2003 lalu. Masjid Agung itu dibangun tepat di kawasan perkantoran. 

Di mana saat itu, di masa jabatannya sebagai Bupati Pertama Tanah Bumbu, Zairullah Azhar telah membangun Jalan, Perkantoran, Rumah Sakit, Gedung DPRD hingga Rumah Sakit Daerah Tanah Bumbu.

Kawasan masjid digunakan masyarakat dan pegawai. Pembangunan masjid saat itu sekitar tahun 2009 dan diresmikan pada 25 April 2010. Kapasitasnya sekitar 10.000 jemaah karena memiliki luas 10.000 meter persegi dengan bentuk bundar yang jarang ada di Indonesia.

dr HM Zairullah, Calon Bupati Tanah Bumbu di Pilkada 2020 ini, didampingi Ketua PAN Kabupaten Tanah Bumbu Sudian Noor, yang juga masih aktif menjabat sebagai Bupati Kabupaten Tanah Bumbu, melaksanakan salat berjamaah. Saat itu juga didamping anggota DPRD, Fawahisah Mahabatan dan H Hasanuddin.

Mereka sempat melihat-lihat kondisi masjid yang mulai diperbaiki di Pemerimtahan H Sudian Noor. Karena kawasan masjid ini akan dijadikan wisata religius dan ramah anak.

H Sudian Noor mengatakan, Masjid Nurussalam ini adalah masjid kebanggan Kabupaten Tanah Bumbu. Bangunannya, cukup megah dan indah sekali. 

Karena itulah, keberadaan masjid ini terus didukung keberadaannya sebagaimana tujuan awal dibangunnya masjid Agung Nurussalam oleh ayahanda, Zairullah Azhar. 

"Alhamdulillah atas izin Allah dan berkat doa seluruh masyarakat Tanah Bumbu serta dukungan Pegawai Pemkab, sejak dilantik menjadi Bupati, saya bisa merawat kembali dan membenahi secara bertahap mesjid kebanggaan Tanah Bumbu ini," katanya.

Masjid ini menjadi daya tarik, tersendiri yang memiliki bentuk yang unik. Saat ini, dia mulai melakukan pembenahan dan renovasi penambahan sejumlah bagian untuk memperindah masjid ini.

"Kita sudah lakukan pembenahan di sejumlah bagian agar lebih indah dan nyaman saat datang ke masjid ini. Karena masjid ini adalah kebanggan Kabupaten Tanah Bumbu sesuai mottonya, Bersujud," katanya.

Sementara itu, Zairullah Azhar mengungkapkan, bahwa selama ini ternyata sering ke masjid itu. Setiap kali berada di Kabupaten Tanah Bumbu, karena menjabat sebagai anggota DPR RI bila ada waktu pasti mampir ke masjid tersebut.

"Saya sering mampir di masjid ini, cuma orang tidak tahu. Saya melihat-lihat suasananya yang sebelumnya sempat tidak tersentuh setelah saya tidak jadi Bupati lagi, makanya cukup prihatin," katanya.

Setelah terpilih jadi bupati untuk periode kedua manti, dia akan kembali menata masjid ini, seperti lampu-lampu, terutama lampu utama yang menggantung di atas kubah masjid.

"Kita akan benahi dan akan membuat masjid ini terang benderang di malam hari. Dan mungkin juga ada kegiatan keagaam yang rutin akan dilaksanakan di masjid ini," sebutnya.

Dia teringat, masjid itu dibangun dengan susah payah, sebab saat pembangunan, APBD Daerah masih minim. Namun karena niat yakin untuk membangun masjid ini, akhirnya bisa diselesaikan betkat doa-doa semuanya termasuk doa anak yatim.

"Dulu orang bilang, buat apa bangun masjid di tengah hutan seperti ini. Tapi saya yakin dan berjuang serta tidak menghiraukan pandangan negatif dari orang lain. Tapi saya niat baik dan ternyata sangat disyukuri kebaradannya sekarang ini oleh warga sekitar karena sangat bermanfaat sekali," katanya.[mia/rilis]

loading...

Posting Komentar

0 Komentar