Lagi, Kunker Dewan Berorientasi ke Mahasiswa

Lagi, Kunker Dewan Berorientasi ke Mahasiswa

BANJARMASIN, MK - Kunjungan Kerja (Kunker) Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DRPD) Kalimantan Selatan tampak berorientasi ke semua Persatuan Mahasiswa Kalimantan Selatan- Asrama Mahasiswa Kalimantan Selatan (PMKS-AMKS) yang tersebar di Indonesia. 

Ini dilakukan dewan dalam kurun waktu akhir-akhir ini dan harus ditindaklanjuti dengan upaya konkret.

Bukan hanya sebatas penyerapan aspirasi dan kunjungan biasa, oleh karena itu Komisi IV DPRD Kalsel bersama Dewan Pimpinan Daerah (DPD) KNPI Kalsel pada 26 Oktober 2020 melaksanakan musyawarah bersama (Musber) melibatkan seluruh stakeholder termasuk PMKS-AMKS se-Indonesia. 

Bukan hanya itu, tetapi juga melibatkan seluruh Pemerintah Daerah baik Provinsi maupun 13 Kabupaten/Kota, bertempat di Kantor Perwakilan Kalimantan Selatan di Jakarta. 

Ketua Komisi IV DPRD Kalsel, H Lutfi Saifuddin mengungkapkan hal itu, Minggu (25/10/2020).

Menurutnya, pada pertemuan ini akan merumuskan kebijakan dalam pemberdayaan dan dukungan kepada para mahasiswa yang merupakan Duta Pendidikan Banua, seiring dengan upaya mempersiapkan generasi muda Kalsel untuk mampu bersaing bahkan memenangkan persaingan global.

“Kita tentu tidak ingin menjadikan bonus demografi yang segera kita hadapi menjadi sebuah bencana demografi bila kita tidak mempersiapkan para calon pemimpin Kalsel dimasa datang,” jelasnya.

Lanjutnya, dalam pertemuan ini akan banyak perihal yang perlu dibahas dan dicarikan solusi, diantaranya kejelasan hubungan kerja antara PMKS - AMKS. 

Kemudian Tata kelola Asrama Mahasiswa Kalsel yang memerlukan banyak perbaikan. Dan Kumpul bahan keterangan serta masukan terkait rencana pembentukan Perda Penguatan Fasilitasi Perguruan Tinggi dan Kemahasiswaan Kalsel.

Keempat, Kordinasi dan harmonisasi pembinaan PMKS antara Pemprov dan 13 Pemkab/kota. Kelima, Peningkatan Sarana, Prasarana Asrama dan Pembinaan serta Peningkatan fungsi PMKS sebagai Duta Pendidikan, Seni, Budaya dan Pariwisata. Keenam,  Hal lain yang dianggap perlu. 

Dengan demikian hendaknya kegiatan ini dapat terlaksana dengan baik dan membuahkan hasil seperti yang diharapkan bersama.[fuad]

Lebih baru Lebih lama