Jelang Pilkada, Tanbu Gelar Deklarasi Netralitas

BATULICIN, MK - Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak 2020 sudah di depan mata. Berbagai gerakan dilakukan agar Pilkada berlangsung lancar, aman dan terkendali. Satu di antaranya dengan deklarasi.

Pun dengan stakeholder di Kabupaten Tanah Bumbu (Tanbu), di mana mereka baru saja menggelar deklarasi netralitas menjelaskan Pilkada 9 Desember 2020.

Deklarasi yang diikuti TNI, Polri dan Aparatur Sipil Negara (ASN) menjelang Pilkada, tepatnya Pemilihan Bupati (Pilbup) ini digelar di halaman Mapolres Tanah Bumbu, Kamis (22/10/2020).

Tampak Sekda Tanbu, H Rooswandi Salem didampingi Kapolres Tanbu, AKBP Himawan Sutanto Saragih, Dandim 1022 Tanbu, Letkol Cpn Rahmat Trianto, Kajari Tanbu, Muhammad Hamdan serta Organisasi Pemerintahan Daerah (OPD) Kecamatan, membacakan naskah deklarasi.

“Kami TNI, Polri dan ASN Kabupaten Tanah Bumbu berkomitmen menjaga netralitas pada pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Tanah Bumbu tahun 2020. Netralitas TNI, Polri dan ASN harga mati!” demikian ikrar yang diikuti seluruh peserta dan dilanjutkan penandatanganan naskah deklarasi.

"Kita memastikan netralitas itu untuk ASN, sebagaimana yang sudah diatur melalui SKB 2 Manteri. Kita memang harus mengikuti dalam hal netralitas," tutur Rooswandi.

Tentunya, lanjut Rooswandi, ada tahapan-tahapan pemantauan dan sanksi bagi ASN yang melanggar.

Selain netralitas, ASN sepakat dengan unsur seluruh Forkominda serta penyelenggara Pemilu, KPU dan Bawaslu bersama elemen masyarakat tokoh-tokoh melakukan deklarasi.

"Kita berharap pelaksanaan Pilkada di Tanah Bumbu Tahun 2020, semua pihak bersepakat untuk menyelenggarakan secara damai, aman serta kondusif," harapnya.[joni]

loading...

Posting Komentar

0 Komentar