Ini Pesan Plt Gubernur di Rakordal dan Evaluasi Pelaksanaan Pembangunan

Ini Pesan Plt Gubernur di Rakordal dan Evaluasi Pelaksanaan Pembangunan

PALANGKA RAYA, MK - Rapat Koordinasi Pengendalian (Rakordal) dan Evaluasi Pelaksanaan Pembangunan Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) Triwulan III Tahun 2020 yang merupakan tahun keempat RPJMD Provinsi tahun 2016-2021 yang digelar Aula Bappedalitbang, Rabu (21/10/20).

Kegiatan itu dihadiri sekaligus dibuka oleh Plt Gubernur Kalteng Habib Ismail Bin Yahya yang Sekda Provinsi Kalteng, Fahrizal Fitri.
 
Rakordal itu bertujuan untuk pencapaian penggunaan dan pencapaian RPJMD Provinsi Kalteng yang hasilnya dari adalah tersusunnya laporan realisasi kinerja serta realisasi Anggaran dan Belanja Daerah (APBD) Tahun 2020.

Pemprov Kalteng telah memiliki sumber daya manusia yang kapasitasnya mampu dalam pengelolaan SDA dan potensi daerah tersebut, namun keterbatasan anggaran APBD membuat pemerintah provinsi belum bisa memberikan hasil yang maksimal. 

Pada Tahun 2020 dengan adanya pandemi Covid-19, APBD Provinsi direfocusing dan rirealokasi untuk penanganan Covid-19, yang mana mengakibatkan rencana pembangunan yang sudah ditetapkan untuk tahun 2020 turut berubah, beberapa kegiatan pun menjadi ditunda dan beberapa lagi terlambat pelaksanaannya tidak bisa sesuai dengan jadwal yang telah ditetapkan.

Dampak Pandemi Covid-19 juga menyebabkan perlambatan perekonomian baik skala nasional maupun di daerah khususnya di Provinsi Kalteng.

Pertumbuhan ekonomi di Kalteng yang sudah menunjukkan peningkatan dalam kurun waktu tiga tahun terakhir, pada tahun 2020 ini mengalami perlambatan dikarenakan pandemi.

Karena itu, diharapkan kepada para Bupati/Walikota agar dapat melaksanakan pembangunan di daerah masing-masing, khususnya untuk masyarakat yang ada di pedalaman dan belum tersentuh oleh pembangunan yang secara komprehensif dilakukan dengan membangun infrastruktur, sarana prasarana pendidikan, kesehatan dan perekonomian masyarakat secara merata di segala bidang.

Anggaran yang terbatas memang jadi kendala tapi bukan berarti tidak bisa melakukan apa-apa, pembangunan dapat tetap dilaksanakan dengan cara bertahap, karenanya proses perencanaan itu penting, susunlah perencanaan dengan skala prioritas, mendahulukan dan mengutamakan pada sasaran pembangunan yang belum tercapai target kinerjanya dan pada sektor pembangunan yang kondisinya belum memenuhi standar pelayanan minimal.
 
Pengendalian dan evaluasi pembangunan sangat penting untuk mengetahui sektor mana yang sudah dan yang belum tercapai dengan baik, sehingga pada perencanaan pembangunan tahun berikut kita bisa mengutamakan merencanakan pembangunan pada sektor-sektor pembangunan yang belum tercapai, demikian juga permasalahan-permasalahan dalam pembangunan dapat diketahui dengan segera dan dapat ditentukan solusi penyelesaian permasalahannya melalui monitoring, pengendalian dan evaluasi. 

Sinergitas antara pemerintah Provinsi dan Pemerintah akabupaten/Kota se-Kalteng dalam pelaksanaan program dan kegiatan pembangunan perlu ditingkatkan untuk mencapai Kalteng yang Berkah (Bermartabat, Elok, Religius, Kuat, Amanah dan Harmonis). 

"Terkait dengan pelaksanaan program/kegiatan pemerintah, saya minta jajaran pemerintah provinsi dan kabupaten/kota dalam melaksanakan program dan kegiatan pembangunan harus sesuai jadwal yang ditetapkan, agar program/ kegiatan dapat terlaksana dengan baik, sesuai ketentuan yang berlaku," ucap Habib Ismail dalam amanatnya yang dibacakan Fahrizal Fitri.

Pemerintah provinsi dan kabupaten/kota, lanjutnya, harus melakukan upaya-upaya percepatan penyerapan anggaran, khususnya penyerapan belanja langsung sebagai upaya percepatan terealisasinya target-target kinerja pembangunan sebagai salah satu komponen terbesar dalam mendukung pertumbuhan ekonomi dan memberikan kesempatan kerja kepada masyarakat, serta mengurangi angka kemiskinan.

Sebagaimana diketahui bersama, Kalteng pada bulan Desember 2020 akan melaksanakan Pilkada serentak pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Kalteng, serta Bupati dan Wakil Bupati Kotawaringin Timur.

"Saya mengharapkan kerjasama dari seluruh komponen mulai dari KPU, Bawaslu, Kepolisian Daerah dan Komando Resort Militer agar dapat bersama-sama dengan Pemerintah Provinsi, Pemerintah Kabupaten/Kota dapat bersinergi agar pelaksanaan pilkada serentak dapat terlaksana dengan aman damai," imbuhnya.

Diharapkan pula kepada seluruh Aparatur Sipil Negara maupun tenaga kontrak di lingkup Pemerintah Provinsi/Kabupaten/Kota se- Kalteng untuk dapat memperhatikan dan menaati ketentuan untuk menjaga netralitas ASN dalam Pilkada ini.

"Saya minta kepada Pemerintah Provinsi, Kabupaten/ Kota dan tetap fokus pada penanganan Covid-19, tetap disiplin untuk menerapkan protokol kesehatan guja memutus mata rantai penyebarannya," tegas Plt Gubernur.[kenedy/adv]

Lebih baru Lebih lama