Dukung Korporasi Petani Kecamatan Tamban Catur, BBPP Binuang Gelar Pelatihan Tematik

Dukung Korporasi Petani Kecamatan Tamban Catur, BBPP Binuang Gelar Pelatihan Tematik

BINUANG, MK - Dalam rangka mendukung program pengembangan Food Estate di Kabupaten Kapuas dan Pulang Pisau, Balai Besar Pelatihan Pertanian Binuang (BBPP) Binuang menggelar pelatihan tematik.

Pelatihan tematik berbasis korporasi dengan mengusung tema Rencana Usaha Kelompok ini dilangsungkan di Kecamatan Tamban Catur, Kabupaten Kapuas, Provinsi Kalimantan Tengah. 

Pelatihan dilaksanakan selama 3 hari, dari 20 sampai 22 Oktober 2020 di ruang pertemuan Balai Penyuluhan Pertanian (BPP) Tamban Catur. Peserta berjumlah 30 orang berasal dari Petani yang tergabung di Kelompok Tani dan Gabungan Kelompok Tani di wilayah Kabupaten Kapuas. 

Sugiyono SST, Kepala BPP Tamban Catur mengemukakan, kondisi petani secara kelembagaan dan korporasi masih dalam proses perkembangan yang masih memerlukan pembenahan dan revitalisasi. 

Ia mengucapkan banyak terima kasih atas dukungan  BBPP Binuang dalam bentuk pelatihan yang diadakan di wilayah BPP Tamban Catur, sehingga diharapkan dapat meningkatkan kemampuan petani dalam hal penyusunan rencana usaha dalam kelompok dan dorongan untuk membentuk korporasi petani.

Sementara itu, salah satu perawakilan peserta pelatihan, I Pance Wijaya mengemukakan, pelatihan ini sangat bermanfaat, apalagi dalam pelatihan juga diajak untuk melakukan studi banding di korporasi petani yang teryata sudah ada di wilayah Tamban Catur, yaitu dalam bentuk Koperasi Produsen Rukun Tani Mandiri di Desa Warnasai.

Ia juga berterima kasih dengan adanya pelatihan ini bisa memberi gambaran alur dalam pembentukan korporasi petani dan berharap diadakan pelatihan-pelatihan selanjutnya, terutama untuk mendukung kelembagaan dan korporasi petani.[advertorial]

Penulis : Cecep

Lebih baru Lebih lama