Dukung Food Estate, BBPP Binuang Ikut Berpartisipasi dalam Bimtek Budidaya Itik

Dukung Food Estate, BBPP Binuang Ikut Berpartisipasi dalam Bimtek Budidaya Itik

PULANG PISAU, MK - Balai Besar Pelatihan Pertanian (BBPP) Binuang turut berpartisipasi dalam Bimbingan Teknis (Bimtek) Budidaya Itik mendukung ketahanan pangan 'Food Estate' 2020 yang diselenggarakan Tim Pelaksana Lapangan, Balai Penelitian Ternak, Badan Penelitian dan Pengembangan (Litbang) Pertanian.

Bimtek Budidaya Itik ini terselenggara dalam rangka mendukung peningkatan kemampuan ketenagaan pelatihan pertanian dalam hal teknis budidaya itik. Sebagai salah satu upaya untuk mendukung ketahanan pangan melalui pembentukan Food Estate di Kabupaten Pulang Pisau dan Kapuas, Provinsi Kalimantan tengah.

Kegiatan bertempat di Posko Balai Desa Belanti Siam, Kecamatan Pandih Batu, Kabupaten Pulang Pisau. Kegiatan ini berlangsung mulai Jumat, 9 Oktober 2020. Peserta yang hadir terdiri dari Widyaiswara, Penyuluh Pertanian dan aparat desa lokasi kegiatan Food Estate.

BBPP Binuang sebagai salah satu perwakilan Pusat Pelatihan Pertanian, Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pertanian (BPPSDMP) ikut berpatisipasi dengan mengirimkan dua Widyaiswara sebagai peserta dalam kegiatan ini.

Acara dibuka Kepala Pusat Penelitian Pengembangan Peternakan, Dr drh Agus Susanto M.Si. Dalam sambutanya, beliau berpesan untuk membangun insan pertanian seutuhnya dan mendorong supaya program Food Estate dapat berjalan dengan lancar.

Sementara itu, salah satu pemateri Dr Maijon Purba S.Si M.Si dalam materinya memaparkan tentang Itik Master yang merupakan itik hibrida dari inovasi teknologi Badan Litbang Pertanian yang merupakan hasil persilangan dari itik Alabimaster-1 Agrinak betina dan itik Mojomaster-1 Agrinak Jantan.

Itik hibrida ini memliki peluang dan prospek yang cukup tinggi dikembangkan di kawasan Food Estate sebagai sumber protein dan dengan memanfaatkan potensi lokal yang tersedia.[advertorial]

Penulis : Cecep
Lebih baru Lebih lama