Bekerja Sama dengan BBPP Binuang dan Distan, BI Kaltara Gelar Pelatihan PTT

Bekerja Sama dengan BBPP Binuang dan Distan, BI Kaltara Gelar Pelatihan PTT

BULUNGAN, MK - Dalam rangka meningkatkan kualitas dan kuantitas produksi serta mendukung program ketahanan pangan, khususnya komoditas padi, Kantor Perwakilan Bank Indonesia (BI) menggelar pelatihan.

Untuk pelatihan budidaya padi Pengelolaan Tanaman Terpadu (PTT) dan Metode Hazton ini, KPw BI menggandeng Balai Besar Pelatihan Pertanian (BBPP) Binuang dan Dinas Pertanian (Distan) Kabupaten Bulungan. 

Pelatihan 12 hari, tepatnya mulai 7 hingga 18 Oktober 2020 atau 56 jpl ini dilangsungkan secara virtual zoom metting dan diikuti sebanyak 50 Penyuluh lapangan Kabupaten Bulungan.

Pelatihan dibuka Bupati Bulungan, H Sudjati SH, Rabu (7/10/2020).

Menurut Sudjati, kegiatan ini sebagai bagian dari visi mewujudkan Kabupaten Bulungan  sebagai pusat Pangan berbasis industri, di mana salah satu misinya adalah peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM). 

"Kegiatan ini dilaksanakan untuk meningkatkan sumber daya penyuluh, dalam rangka pendampingan petani sehingga petani juga dapat bertambah kesejahteraannya melalui peningkatan produktivitas padi sawah," jelas Sudjati.

Kegiatan ini juga merupakan hasil kerja sama antara Pemkab Bulungan dengan BI dan BBPP Binuang dengan tajuk Pelatihan Budidaya Padi Pengelolaan Tanaman Terpadu (PTT) dan Metode Hazton.  

Terpisah, Kepala Bidang Penyuluhan Distan Bulungan, Satrio Munadjat menjelaskan, pelatihan ini terselenggara atas dukungan dana dari pihak KPwBI Provinsi Kalimantan Utara.
 
Sementara itu, Kepala BBPP Binuang, Dr Ir Yulia Asni Kurniawati MSi menambahkan, untuk menyukseskan pelatihan ini pihaknya menyiapkan Widyaiswara yang profesional di bidangnya. 

"Mengutip arahan Kepala BPPSDMP Kementerian Pertanian, Prof Dr Ir Dedi Nursyamsi M.Agr dalam kunjungan kerja sosialisasi program Food Estate di Kalimantan Tengah, 27 hingga 28 September 2020 lalu, untuk meningkatkan produksi pertanian, dukungan teknologi dan sarana prasarana  25 persen, dukungan jebijakan 25 persen dan dukungan keberhasilan terbesar adalah SDM 50 persen," terang Yulia. 

Apresiasi tak terhingga kepada KPwBI Provinsi Kaltara dalam partisipasinya meningkatkan SDM Penyuluh Pertanian Kabupaten Bulungan juga disampaikan Yulia.

"Selamat mengikuti pelatihan semoga kegiatan pelatihan ini bermanfaat bagi kita semua, aamiin ya rabal alamin," tutup Yulia.[advertorial]
Lebih baru Lebih lama