Batandak tingkat Provinsi Kalteng Diapresiasi Pemerintah

Batandak tingkat Provinsi Kalteng Diapresiasi Pemerintah

PALANGKA RAYA, MK - Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat, Hamka mewakili Plt Gubernur Kalimantan Tengah (Kalteng) Habib Ismail bin Yahya membuka acara Batandak.

Kegiatan tersebut dilaksanakan oleh Majelis Agama Kaharingan Indonesia (MAKI) yang digelar di Aula Jayang Tingang, Kantor Gubernur setempat, Sabtu (24/10/2020). 

Batandak tingkat Provinsi Kalteng ini, baru pertama kali digelar dan diikuti pula oleh utusan Provinsi tetangga, diataranya Kalimantan Selatan, Kalimantan Timur dan Kalimantan Barat.

Kegiatan tersebut diketahui layaknya seperti MTQ pada umat Islam ataupun Pesparawi pada umat Kristen, dan Batandak ini melombakan lagu rohani, cerdas cermat dan membaca kitab suci. 

Salah satu tujuan digelarnya Batandak tersebut guna membangun keimanan dan SDM yang berkualitas. 

Asisten I menyampaikan amanat Plt Gubernur bahwa pemerintah mengapresiasi kepada seluruh panitia dan pihak terkait atas terselenggaranya acara itu. 

Dilanjutkannya, pemerintah juga berharap agar semua pihak selalu menjaga kerukunan sebagaimana tercermin dari falsafah Huma Betang. 

"Kami juga mengajak pengurus MAKI untuk dapat bersinergi dengan Pemerintah Provinsi Kalteng dalam membangun SDM berkualitas sebagaimana misi Kalteng Berkah, karena pembangunan Kalteng memerlukan partisipasi semua elemen masyarakat," ucapnya.

Kemudian dijelaskan bahwa pemerintah daerah juga telah mengagendakan Tiwah Massal sebagai even destinasi wisata budaya religi setiap tahunnya.

"Harapan kita bersama, kelestarian budaya ini tetap terjaga hingga dinikmati anak cucu di masa mendatang," pungkasnya.[kenedy/adv]

Lebih baru Lebih lama