Bakal Ditambati Kapal Susur Sungai, Warga Kalawa Gotong Royong di Area Dermaga

Bakal Ditambati Kapal Susur Sungai, Warga Kalawa Gotong Royong di Area Dermaga

PULANG PISAU, MK - Puluhan warga yang tergabung dalam kelompok sadar wisata atau Pokdarwis Banama di Kelurahan Kalawa, Kecamatan Kahayan Hilir, Kabupaten Pulang Pisau, Kalteng, bergotong royong membersihkan lingkungan sekitar dermaga yang nantinya akan dijadikan wafat bertambatnya kapal susur sungai milik Desa Gohong.

Itu disampaikan Lurah Kalawa, Endra Setiawan, kepada awak media ini, Minggu (18/10/2020) via selulernya.

"Kita tadi bersama Pokdarwis Banama bersih-bersih lingkungan sekitar dermaga untuk persiapan acara bertambatnya kapal susur sungai di dermaga Kalawa ini," ucap Endra.

Rangkaian kegiatan gotong royong oleh Pokdarwis Banama Kelurahan Kalawa ini, kata Endra, pihaknya menyiapkan tempat pasar tradisional yang nantinya akan diisi dengan hasil unggulan kerajinan tangan warga, dan seni bela Kuntau.

"Dan juga diisi hasil kerajinan anyaman rotan, atap rumah dari daun Rumbia, dan pengrajin Mandau (senjata khas Dayak), serta disisi oleh hasil lainnya dari binaan PKK Kalawa," tukasnya.

Menurut Endra, Kelurahan Kalawa ini banyak mengandung potensi wisata yang menjadi segitiga emas pariwisata di Kabupaten Pulang Pisau, selain Desa Gohong, Mantaren, Buntoi.

"Jadi, kita rencanakan nantinya akan melobi untuk rehab dermaga, siring, jalan lingkungan dan sarana prasarana pariwisata lainnya yang ada di wilayah Kelurahan Kalawa ini, agar kelihatan lebih cantik dan indah sehingga nantinya akan menarik perhatian para wisatan," tutur Endra.

Dalam hal ini, tambahnya, kembali akan berembuk dan berdiskusi dengan pihak terkait dalam rangka mematangkan persiapan, dan membentuk panitia kecil untuk acara tersebut.

"Sudah kita rembukan dengan pihak terkait, diantaranya dengan Bapak Kajari Pulpis. Kemungkinan Rabu ini kita matangkan persiapan pencanangannya, dan membuat panitia kecil untuk acara tersebut," pungkasnya.[manan]
Lebih baru Lebih lama