Tingkatkan Layanan Air Bersih Pedesaan, Kapuas Lanjutkan Program Pamsimas

Tingkatkan Layanan Air Bersih Pedesaan, Kapuas Lanjutkan Program Pamsimas

KUALA KAPUAS, MK - Program penyediaan air minum dan sanitasi berbasis masyarakat atau Pamsimas di Kabupaten Kapuas untuk tahun 2021, kembali berlanjut.

Untuk itu, Dinas Pekerjaan Umum Penataan Ruang Perumahan dan Kawasan Pemukiman (DPUPRPKP) Kapuas, melalui Bidang Cipta Karya terus mensoialiasikan terkait program tersebut.

Kabid Cipta Karya DPUPRPKP, Jonnie ST MM menyampaikan, program Pamsimas ini bertujuan untuk meningkatkan jumlah masyarakat yang memiliki akses air minum dan sanitasi yang berkelanjutan.

Juga meningkatkan kapasitas masyarakat dalam penyelenggaraan layanan air minum dan sanitasi berbasis masyarakat dan meningkatkan efektifitas dan kesinambungan jangka panjang pembangunan sarana dan prasarana air minum dan sanitasi berbasis masyarakat.

"Dengan adanya program ini membantu pemerintah daerah untuk pencapaian akses air minum atau air bersih kepada masyarakat kita semakin cepat," kata Jonnie, usai acara sosialisasi Pamsimas III.

Menurutnya, untuk pemenuhan akses air bersih ini kalau dari pemerintah daerah saja saat ini tentu tidak mampu, karena keterbatasan anggaran.

"Dengan program Pamsimas ini supaya ditingkat masyarakat desa semakin cepat mendapatkan akses layanan air bersih, ini juga  untuk mendukung kesehatan masyarakat," ungkapnya.

Ketersedian akses air bersih, kata dia, tentu juga membantu pemerintah dalam menekan angka stunting dan penyakit lainnya akibat tidak adanya akses air bersih.[zulkifli]

Lebih baru Lebih lama