Panen Raya di Food Estate jadi Motivasi Petani

Panen Raya di Food Estate jadi Motivasi Petani

PULANG PISAU, MK - Pulang Pisau, salah satu kabupaten di Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) yang ditunjuk sebagai wilayah ketahanan pangan nasional.

Ketahanan pangan ini diwujudkan melalui program Food Estate yang berada di wilayah Desa Belanti Siam dan Gadabung, Kecamatan Pandih Batu, Kabupaten Pulang Pisau. 

Program yang digagas Gubernur Kalimantan Tengah dan disetujui oleh Pemerintah Pusat, hingga kini terus berjalan dan dikunjungi  sejumlah menteri. Bahkan presiden sendiri pernah berkunjung ke lokasi program ini.

Kali ini, Sabtu (12/9/2020), Kabupaten Pulang Pisau kembali mendapat kehormatan, di mana kabupaten berjuluk bumi Handep Hapakat ini kembali dikunjungi Menteri Pertanian (Mentan), Syahrul Yasin Limpo, tepatnya di Desa Belanti Siam dan Gadabung.

"Kunjungan Kerja atau kunker Bapak Mentan kali ini dalam rangka meninjau rencana lokasi penanaman perdana padi oleh Presiden Republik Indonesia di kawasan Food Estate di Kabupaten Pulang Pisau," ucap Bupati Edy kepada sejumlah wartawan.

Sebelum kedatangan Mentan, acara dimulai dengan syukuran panen raya di kawasan Food Estate bersama dengan Gubernur Kalimantan Tengah.

"Masyarakat petani di Desa Belanti Siam dan Gadabung ini berhasil panen setahun dua kali, dan dalam satu hektare berhasil panen di atas 5 ton," ungkap Bupati Edy.

Kemudian, lanjut Edy, dengan adanya program Food Estate ini dapat memberikan semangat dan motivasi kepada masyarakat petani, agar dapat memajukan program ketahanan pangan nasional.

"Program ketahanan pangan ini juga didukung oleh ratusan Alsintan melalui bantuan. Jadi, kita harapkan masyarakat, khususnya petani di Belanti Siam dan Gadabung terus mengembangkan program ini," pungkasnya.[manan]

Lebih baru Lebih lama