Menteri UMKM Apresiasi Langkah Gubernur Kalteng

Menteri UMKM Apresiasi Langkah Gubernur Kalteng

PALANGKA RAYA, MK - Gubernur Kalimantan Tengah (Kalteng), H Sugianto Sabran melakukan launching kredit program melawan rentenir UMKM Berkah. 

Selain itu, Gubernur juga melakukan penyerahan bantuan stimulan ekonomi dana insentif bertempat di Aula Jayang Tingang Kantor Gubernur setempat yang dirangkai secara virtual dan dihadiri juga oleh Menteri Koperasi dan UKM RI Teten Marzuki, serta sejumlah pemangku kepentingan, hingga Dirut Bank Kalteng, Yayah Diasmono, Rabu (23/9/2020).

Acara secara virtual itu juga diikuti oleh Bupati dan Direktur PT Bank Kalteng, serta perwakilan managemen Bank Kalteng se Kalteng.

Dalam arahanya, Menteri Teten Marzuki melalui virtual mengapresiasi langkah Gubernur Kalteng melalui Pemprov dan Bank Kalteng yang membantu masyarakat untuk membangkitkan perekonomian, khusunya pelaku UMKM di wilayah Kalteng. 

"Saat ini, dalam masa pandemi Covid-19 ini UMKM sangat terdampak, dengan program bantuan dan kredit ini, paling tidak kita bisa mengurangi pengangguran, pemerintah pusat fokus mencari solusi kepada pelaku usaha. Kami dari Kementrian sangat mengapresiasi kepada Gubernur Kalteng sudah melakukan langkah-langkah diantaranya  memberikan bantuan kepada pelaku usaha," kata Teten.

Pemprov Kalteng bersinergi dengan PT Bank Kalteng melaksanakan program UMKM Berkah dalam rangka membantu pelaku UMKM agar tidak terjerat pinjaman dengan bunga tinggi dari rentenir. 

Dalam tahap awal program UMKM Berkah akan disalurkan bantuan langsung UMKM Berkah kepada 2.171 pelaku UMKM dan kredit UMKM Berkah kepada 294 debitur UMKM. 

Gubernur juga menyerahkan bantuan secara simbolis kepada Wakil Walikota Palangka Raya, Umi Mastikah, pelaku UMKM, Kepala Sekolah dan perwakilan pelajar lainya. 

"Ini upaya pemerintah dalam membantu masyarakat termasuk juga pelaku UMKM yang terdampak Covid-19. Kami merealisasikan keinginan warga mengenai bantuan dan kredit yang minim untuk membantu UMKM kita. Mudah mudahan ini dapat membantu semuanya sehingga perekonomian juga berdampak baik, dan penanggulangan penanganan Covid-19 di Kalteng dapat terus dilakukan dengan baik," ucap Gubernur.

Sementara itu, Dirut Bank Kalteng menyebutkan UMKM  berkah melawan rentenir itu bagian dari ide dari Gubernur dalam upaya pemerintah membantu masyarakat terdampak Covid-19 khususnya di dunia usuaha kecil dan menengah.

"Dari berbagai masukan ke Pak Gubernur, dan melakukan koordinasi sehingga ada ide cemerlang beliau untuk pemerintah bersama Bank Kalteng membuat program membantu masyarakat terumatama kawan-kawan UMKM," tegasnya.[kenedy/adv]

Lebih baru Lebih lama