Sambut Food Estate, Poktan Kalampan Jaya Jalin Kemitraan dengan Kodim

Sambut Food Estate, Poktan Kalampan Jaya Jalin Kemitraan dengan Kodim

KUALA KAPUAS, MK - Pencanangan program Food Estate atau lumbung pangan nasional di Kalimantan Tengah (Kalteng), menjadi motivasi dan semangat untuk mengembangan pertanian yang lebih maju bagi petani lokal. Tak terkecuali bagi Kelompok (Poktan) Tani Kalampan Jaya, Kecamatan Mandomai, Kabupaten Kapuas.

Kali ini, Poktan Kalampan Jaya menjalin Kemitraan dengan TNI Kodim 1011 dalam mengembangkan tanaman hortikultura.

"Kemitraan dengan TNI Kodim 1011 sudah beberapa bulan berjalan, dan kemaren dilakukan pencanangannya," kata Yaner, Ketua Poktan Kalampan Jaya, Senin (24/8/2020).

Menurut Yaner, pihaknya pun merasa bangga dan sangat berterima kasih kepada jajaran TNI Kodim 1011 yang telah bersedia menjalin kemitraan dalam mengembangankan pertanian.

"Kegiatan kami dalam kemitraan ini menanam  tanaman sayuran seperti cabai, terong, tomat, labu, melon, jagung, sayur mayur dan lainnya," imbuh Yaner.

Kades Anjir Kalampan ini menuturkan, kemitraan dalam pengembangan pertanian itu khususnya bagaimana mengolah lahan tanpa membakar.

"Kaitannya pengelolaan lahan tanpa bakar. Makanya rumput kita ambil kita angkut, itu jadi pupuk kompos. Kayu tebangan itu kita bikin cuka kayu, jadi tidak ada istilah bakar di tempat kami," tukasnya.[zulkifli]

Lebih baru Lebih lama