Patuhi Protokol Kesehatan, Salat Idul Adha di Masjid Agung Pulpis Berjalan Khidmat

Patuhi Protokol Kesehatan, Salat Idul Adha di Masjid Agung Pulpis Berjalan Khidmat

PULANG PISAU, MK - Meski berbeda pada tahun-tahun sebelumnnya akibat Pandemi Covid-19, pelaksanaan salat Idul Adha 1442 H/2020 M di Kabupaten Pulang Pisau tetap berjalan khusuk dan penuh khidmat.

Salat Idul Adha yang dilaksanakan oleh seluruh umat Islam dipenjuru dunia ini, merupakan ibadah tahunan yang bertepatan dengan rangkaian ibadah haji.

Di Kabupaten Pulang Pisau, khususnya di wilayah Kecamatan Kahayan Hilir di lingkungan Masjid Agung Ar-Raudhah pelaksanaannya dihadiri ratusan umat Islam dari berbagai kalangan dengan standar protokol kesehatan.

Dari informasi yang dihimpun wartawan media ini, ratusan jamaah sebelum memasuki Masjid kebanggaan masyarakat Pulang Pisau itu harus diperiksa suhu tubuhnya.

Tak luput dari pantauan, Bupati Pulang Pisau, H Edy Pratowo didampingi sejumlah pejabat dan tokoh di wilayah Kabupaten Pulang Pisau juga hadir melaksanakan salat berjamaah tersebut.

Bahkan, pihaknya pun tak lepas dari pemeriksan Tim Satgas Penanganan Covid-19 Pulang Pisau dengan harapan tidak ada penyebaran virus yang mematikan tersebut.

Pada kesempatan tersebut, Bupati Edy Pratowo mengajak semua umat untuk lebih mendekatkan diri kepada Allah subhanahu wata'ala, agar diberi keselamatan, kemudahan menghadapi situasi saat ini.

"Berkat doa, tenaga, pikiran, dan keseriusan kita dalam memutus rantai penyebaran Covid-19 ini, insya Allah Pandemi akan berlalu," harap Edy Pratowo.

Sementara, bertindak sebagai Imam dan khotif pada rangkaian salat Idul Adha, yakni Kepala Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Pulang Pisau, H Masrani Arsyad.

Dalam khutbahnya, Masrani banyak mengupas tentang pengorbanan Nabi Ibrahim bersama anaknya Nabi Ismail, yang seyogyanya penuh kesabaran dan keikhlasan.

"Idul Adha di tengah pandemi Covid 19 ini, dimaknai agar kita lebih sabar dan iklas dalam melaksanakan ibadah, serta lebih mendekatkan diri kepada yang Khaliq," katanya di hadapan ratusan jamaah salat Idul Adha.

Pihaknya juga berharap dan berdoa bersama, agar pandemi Covid-19 ini cepat berakhir. Hal itu, tentunya dapat diwujudkan dengan mematuhi protokol kesehatan sesuai anjuran pemerintah.[manan]

Lebih baru Lebih lama