Gebrakan Masker, Tanbu segera Bagikan 1 Juta Masker

Gebrakan Masker, Tanbu segera Bagikan 1 Juta Masker

BATULICIN, MK - Upaya memutus mata rantai penyebaran Covid-19 terus dilakukan Pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu (Tanbu). Satu di antaranya dengan gebrakan baru menyebarkan 1 juta masker ke tiap desa dan kelurahan.

Rapat persiapan giat bertajuk Gebrak Masker dilakukan di Kantor BPBD Tanbu, Jumat (14/8/2020). Bupati Tanbu, H Sudian Noor merumuskannya bersama Tim Penggerak PKK.

Menurut Sudian, penyebaran masker sebelumnya mengacu dari persentasi jumlah penduduk di tiap desa dan kelurahan. Setiap desa yang sudah terdata akan dipersiapkan berapa masker yang diperlukan.

Ia mengakui, persoalan masker dirasa hampir semua warga sudah memiliki, di mana sejak merebaknya Covid-19, Pemkab dan pihak swasta sudah melakukan gebrakan pembagian masker secara gratis.

“Dengan adanya gebrakan jutaan masker ini, masyarakat akan memiliki masker lebih dari satu, karena bisa saja warga yang kebetulan tidak memakai masker karena maskernya lagi dicuci. Untuk itu kita upayakan dalam 1 warga itu miliki 4 masker yang bisa jadi cadangan,” beber Sudian.

Untuk menyediakan masker sebanyak itu, Pemkab memberdayakan para penjahit yang ada di berbagai desa. Ini diharapkan gebrakan masker ini juga bisa mendongkrak ekonomi para penjahit yang dipastikan terdampak Covid-19.

Ia menambahkan, untuk menyelaraskan gebrakan itu, Pemkab bakal menerbitkan Peraturan Bupati (Perbup) tentang sanksi pelanggaran yang dilakukan terhadap warga yang tak patuh terhadap protokol kesehatan.

Penerapan Perbup itu harus dimulai dari ASN sendiri sebagai percontohan, sehingga Pemkab akan mudah menerapkan pada masyarakat.[joni]
Lebih baru Lebih lama