Dukung Putuskan Rantai Covid-19, PMM UMM Bagikan Ini

Dukung Putuskan Rantai Covid-19, PMM UMM Bagikan Ini

PALANGKA RAYA, MK - Berbagai bentuk dukungan yang dilakukan semua elemen untuk memutus mata rantai sebaran Covid-19 di masyarakat terus digalakkan.

Terlebih untuk mendukung upaya pemerintah bersama masyarakat baik sosialisasi dan lainnya untuk masyarakat agar terhindar dari potensi Covid-19. Apalagi di musim penghujan, rentan dengan potensi penyakit Demam Berdarah (DBD).

Hal ini juga menjadi kepedulian sejumlah Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang (UMM), di mana bersama-sama membagikan masker kain, hand sanitizer serta vitamin C kepada masyarakat khususnya Pedagang Kaki Lima (PKL).

Kegiatan itu juga dibarengi dengan mensosialisasikan atau mengedukasi masyarakat, khususnya PKL dalam memenuhi protokol kesehatan sehingga dapat terhindar dari potensi sebaran Covid-19, termasuk juga pola hidup sehat agar terhindar dari penyakit DBD.

Kegiatan mengambil lokasi di kawasan Mendawai kelurahan Palangka, Kecamatan Jekan Raya, tepatnya di komplek Pasar Kahayan.

Aksi sosial tersebut juga dilakukan bagian dari kegiatan program Pengabdian Masyarakat oleh Mahasiswa (PMM) UMM dari kelompok 51 gelombang empat, diantaranya Rian Fahmi, Fadhilah Mileanasari, Feby Callista, Nadea Salsa, dan Rizal Fathony.

"Kami berupaya turut serta mendukung program pemerintah gerebek masker, di mana kami membagikan masker dan lainnya kepada masyarakat, khusunya PKL sekaligus sosialisasi pentingnya menggunakan protokol kesehaatan kepada warga," kata koordinator PMM UMM Kelompok 51, Rian Fahmi, Kamis (27/8/2020).

Program Pengabdian Masyarakat oleh mahasiswa PMM Bhaktimu Negeri ini merupakan kegiatan yang berada di bawah naungan Direktorat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (DPPM) dan kegiatan ini diawasi oleh Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) Bustanol Arifin. 

Kegiatan PMM dilakukan satu bulan, dan kegiatan ini sudah berjalan di minggu terakhir.

Sebelumnya juga PMM UMM kelompok 51 melakukan sosialisasi door to door ke masyarakat Mendawai.

"Kami juga melakukan seminar, serta membuat cuci tangan sistem injak yang diserahkan di Posyandu di RT 9 dan RT 4nsebagai upaya membantu pencegahan dan mengajak warga meningkatkan pola hidup bersih dan sehat," beber Fahmi.

Ia berharap, dengan adanya kegiatan yang dilakukan oleh mahasiswa UMM, khususnya kelompok 51 ini dapat bermanfaat dan dapat membantu memberikan kesadaran bagi masyarakat di kawasan Mendawai dan sekitarnya.

"Kami hanya bagian kecil yang berupaya besama sama masyarakat, mengedukasi dan memutus mata rantai Covid-19," tutupnya.[kenedy]
Lebih baru Lebih lama