BPKP Kalsel Cek Fisik Proyek Dana Desa

BPKP Kalsel Cek Fisik Proyek Dana Desa

PARINGIN, MK- Tim Observasi Badan Pemeriksa Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) turun ke lapangan untuk mengecek langsung fisik proyek yang dibiayai Dana Desa tahun 2020 semester 1 di Desa Balida, Kecamatan Paringin Kabupaten Balangan.

Diketahui, pemeriksaan fisik dan non fisik beberapa waktu lalu ini dilaksanakan selama lima jam.

Kepala Desa Balida, Sahridin mengatakan, dana desa semester 1 tahun 2020 di Desa Balida, baik itu fisik maupun non fisik atau pemberdayaan diberdayakan, dengan menghadirkan 10 penerima manfaat BLT, 5 pekerja padat Karya Tunai, serta Tim Pelaksana Kegiatan.

"Bukan hanya mengecek administrasi pertanggungjawaban, tim audit juga turun ke lapangan untuk mengukur langsung kegiatan pembangunan fisik apakah betul-betul sesuai dengan spesifikasi dan ukuran," ujar Sahridin saat dikonfirmasi, Senin (24/8/2020).

Dijelaskan Sahridin, pembangunan jalan usaha tani cor beton dicek betul ketebalan, lebar dan panjangnya, bahkan untuk ketebalan dicek dengan digali tanahnya sehingga terlihat pekerjaan dana desa.

“Tim audit cek JUT dan turun langsung mengukur panjang, lebar dan ketinggian dengan acuan RAB yang ada di Realisasi Siskeudes,” ungkapnya.

Selama pemeriksaan di Desa Balida, Kecamatan Paringin untuk pengerjaan fisik sudah sesuai spesifikasi dan RAB, Pemerintah Kecamatan, Kepala Desa, BPD dan warga menyambut baik pemeriksaan oleh BPKP Provinsi.

“Pengerjaan fisik sudah sesuai Spek RAB,” sebut Sahridin.

Tim BPKP juga bersedia datang walaupun jaraknya yang cukup untuk memastikan pembangunan fisik terlaksana sesuai atau tidaknya, yaitu pembangunan jembatan ulin murung bamban yang berada di RT. 04 yang lokasinya hampir berbatasan dengan wilayah Desa Pamurus Kecamatan Juai.

"Adapun hasil audit dana desa di Desa Balida berjalan dengan baik dan lancar, tidak ada temuan yang tidak sesuai realisasi Siskeudes,” pungkasnya.[agus]

Lebih baru Lebih lama