Wujudkan Kemandirian Pangan Nasional, Danrem 102 Buka PPT

PALANGKA RAYA, MK - Pelatihan Pertanian Terpadu (PPT) 2020, resmi dibuka Danrem 102 Panji Panjung (Pjg) Brigjen TNI Purwo Sudaryanto di Aula Mayonif Raider 631 Antang, Rabu (29/7/2020).

Menurut Danrem Purwo, kegiatan bertema "Melalui PPT kita ciptakan petani-petani andal untuk mewujudkan kemandirian pangan nasional" ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan tentang pertanian terpadu berkelanjutan.

Pelatihan ini juga untuk meningkatkan keterampilan pengelolaan usaha tani yang memiliki nilai perbaikan lingkungan, ekonomis, sosial dan kesehatan dengan teknologi pertanian tepat guna, efesien dan ramah lingkungan.

Purwo mengatakan, pertanian terpadu belum banyak diterapkan di Indonesia. Pertanian terpadu merupakan pengintegrasian kegiatan pertanian dengan kegiatan bidang lain, seperti peternakan dan perikanan.

Pertanian terpadu berarti memanfaatkan lahan pertanian untuk menghasilkan produk lain selain dari tanaman budi daya.

Pelatihan ini berlangsung selama 4 hari, 27 sampai dengan 30 Juli 2020. Kegiatan ini tentunya membutuhkan kesiapan fisik prima dan mental yang kuat. Ini agar para peserta dapat menampilkan kemampuan terbaiknya selama proses pelatihan berlangsung.

"Dua hari akan diisi dengan materi, dan dua hari lagi diisi dengan praktik lapangan," jelasnya.

Untuk mencapai hasil yang maksimal, peserta harus mengikuti seluruh materi pelatihan secara utuh. Dengan serius dan motivasi tinggi, agar transfer ilmu dapat dilakukan secara maksimal. 

"Pelajari dan kuasai seluruh referensi atau materi pelajaran sesuai dengan jadwal yang telah direncanakan, sehingga  program pelatihan dapat dilaksanakan secara terarah," tuturnya. 

Pelatihan ini setidaknya diikuti oleh Gabungan Kelompok TNI, Kelompok Gerdayak, Gabungan Kelompok Mahasiswa, Gabungan Kelompok SMK.[deni]
loading...

Posting Komentar

0 Komentar