Wastafel Mekatronik Inovasi Polsek Banting, Upaya Cegah Penyebaran Covid-19

Wastafel Mekatronik Inovasi Polsek Banting, Upaya Cegah Penyebaran Covid-19

PULANG PISAU, MK - Upaya mencegah penularan virus Corona atau Covid-19 di wilayah hukum Polres Pulang Pisau, Polda Kalimantan Tengah, terus dilakukan jajaran Polsek.

Salah satu bentuk keseriusan pihaknya, yakni dengan terus melakukan imbauan dan sosialisasi kepada masyarakat tentang bahayanya virus tersebut.

Tak hanya itu, dalam rangka memutus penyebaran dan penularannya, ada yang menciptakan sebuah inovasi, yang dirancang tanpa harus menyentuh benda apapun.

Seperti yang dilakukan Polsek Banama Tingang (Polsek Banting). Sebuah wastafel Mekatronik dibuat dan disipakan di depan Mako Polsek setempat.

"Wastafel Mekatronik ini disiapkan untuk masyarakat saat ada kepentingan di kantor kita. Jadi mereka dapat mencuci tangan tanpa harus menyentuh benda apa-apa," ucap Kapolsek Banting, Iptu Ivan Danara Oktavian, kepada wartawan media ini, Minggu (12/7/2020) via selulernya.

Diterangkan Ivan, begitu sapaan akrab perwira balok dua ini, wastafel Mekatronik ini sendiri mesinnya sudah menggunakan daya listrik sehingga dalam pengoperasiannya tidak perlu menyentuh benda apapun.

"Saat mencuci tangan kita tanpa harus menyentuh apapun, karena pada wastafel sendiri dibagian bawahnya sudah disiapkan dua pedal injakan l, yaitu pedal injakan yang pertama untuk mengeluarkan sabun kemudian pedal injakan yang kedua untuk mengeluarkan air sehingga dapat dipastikan sehabis kita mencuci tangan menggunakan wastafel ini tangan kita menjadi lebih steril karena kita tidak perlu menyentuh apa-apa lagi," ungkapnya.

Dengan begitu, lanjut Ivan, diharapkan alat ini dapat memberikan motivasi kepada masyarakat bahwa pentingnya menjaga kesehatan diri dan lingkungan sekitar di tengah pandemi Covid-19 ini.

"Dan kita berharap kedepannya tidak hanya Polsek Banama Tingang yang mempunyai alat seperti ini, tapi seluruh kantor maupun fasilitas umum lainnya di Banting dapat menyiapkannya, agar masyarakat kita terhindar dari bahaya Covid-19 yang saat ini makin mewabah," pesannya.[manan]
Lebih baru Lebih lama