Tito: Kalteng Siap Selenggarakan Pilkada 2020

Tito: Kalteng Siap Selenggarakan Pilkada 2020

PALANGKA RAYA, MK - Rakor Kesiapan Pilkada 2020 untuk  Gubernur dan Wakil Gubernur Kalimantan Tengah (Kalteng) serta Pilkada Bupati dan Wakil Bupati Kotawaringin Timur digelar di Aula Jayang Tingang Kantor Gubernur Kalteng, Minggu (19/7/2020).

Pada kesempatan ini juga dilangsungkan Rakor penanganan Covid-19. Kedua Rakor ini dipimpin langsung oleh Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian.
 
Rakor ini dihadiri Pejabat Eselon I Kemendagri terkait, Gubernur dan Anggota Forkopimda, Ketua KPU, Ketua Bawaslu, Sekretaris Daerah, Bupati dan Walikota se-Kalteng, serta para Asisten Setda dan Kepala Perangkat Daerah Terkait.

Hadir secara terpisah melalui virtual Video Conference, Wakil Bupati dan Wakil Walikota , didampingi Ketua KPU, Ketua Panwaslu Kabupaten/ Kota serta pejabat terkait di daerah masing-masing. 

Ketua KPU dan Ketua Bawaslu Provinsi melaporkan kepada Mendagri bahwa Kalteng dalam kondisi siap melaksanakan Pilkada, terlebih dana NPHD telah dikucurkan Pemprov Kalteng sudah terealisasi 100 persen.

Sementara itu, Gubernur Sugianto Sabran dalam laporannya menyampaikan langkah-langkah dalam penyiapan Pilkada telah dilaksanakan dengan baik, dan Kalteng telah siap melaksanakan tahapan Pilkada dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan Covid-19.

"Kita yakin akan mampu mengakhiri Covid-19 dengan kebersamaan semua elemen masyarakat, serta upaya-upaya yang telah dan akan terus dilakukan pemerintah," ungkapnya.

Kemudian, Mendagri memberikan apresiasi yang tinggi terhadap langkah-langkah strategis yang dilakukan oleh Pemprov Kalteng baik dalam penyiapan Pilkada, maupun upaya-upaya dalam penanganan kasus Covid-19.
 
"Menurut saya, apa yang telah dilakukan cukup maksimal, sehingga Kalimantan Tengah benar-benar siap menyelenggarakan Pilkada maupun dalam penanganan Covid 19," jelas mantan Kapolri ini.[kenedy]
Lebih baru Lebih lama