Pembentukan KTB, Dandim Kotabaru Ajak Masyarakat Berperan Aktif

Pembentukan KTB, Dandim Kotabaru Ajak Masyarakat Berperan Aktif

KOTABARU, MK - Dengan adanya pembentukan KTB, Komandan Kodim 1004/Kotabaru Letkol Inf Rony Fitriyanto S.Sos mendorong masyarakat agar berperan aktif dalam pembentukan Kampung Tangguh Banua (KTB) di Kotabaru.

Hal tersebut diungkapkan Dandim saat memberikan sambutan dalam peninjauan KTB di Desa Karang Payau, Kecamatan Kelumpang Hulu, Kabupaten Kotabaru, Selasa (7/7/2020).

Dandim Rony mengapresiasi untuk pelaksanaan disiplin protokol kesehatan. Karenanya diperlukan peran aktif masyarakat dengan dibentuknya KTB yang menitikberatkan keterlibatan aktif masyarakat, baik secara personal maupun kelompok.

"Tujuan dibentuknya Kampung Tangguh Banua adalah agar masyarakat peduli dengan pencegahan virus Covid-19. Juga mendorong masyarakat secara mandiri lebih taat dan tertib dalam menjalankan protokol kesehatan dalam aktivitas sehari-hari," terangnya.

Dandim Rony mengaku sangat optimis, sebagaimana motto Kabupaten Kotabaru Saijaan "Se iya Sekata dan Sejalan".

"Kita mampu jalan bersama dan membuat masyarakat tangguh kesehatan, tangguh ekonomi, tangguh keamanan dan tangguh kreativitas,” jelasnya.

Menurutnya, peran Pemerintah, TNI dan Polri adalah sebagai pendorong dan pendamping dalam pelaksanaan KTB. Tentunya juga warga kampung itu sendiri yang menjadi pelaksana KTB bersama dengan dukungan Forkopimca, perangkat desa, RT dan RW.

“Insyaallah, kalau kita bisa menerapkan konsep Kampung Tangguh Banua dengan disiplin dan konsisten, Covid-19 dapat kita hilangkan dari Bumi Saijaan. Kalau bukan kita siapa lagi, kalau tidak sekarang kapan lagi, kita bisa berkontribusi untuk negara dan masyarakat," paparnya.

Peninjauan KTB ini langsung dihadiri Bupati Kotabaru Sayed Jafar, Ketua DPRD Kotabaru Syairi Mukhlis S.Sos, Kapolres Kotabaru AKBP Andi Adnan Syafruddin SH SIK MM, Danlanal Kotabaru Letkol Laut (P) Guruh Dwi Yudhanto ST, dan Kepala Kejari Kotabaru Haryoko Ari Prabowo SH M.Hum. 

Di momen ini juga turut diserahkan bantuan berupa Alat Pelindung Diri (APD), benih ikan nila, bibit jagung, dan pemasangan rompi kepada Tim Siaga Covid-19.

Sebelumnya di hari yang sama, Dandim Rony bersama Bupati Sayed dan Forkopimda juga melakukan peninjauan KTB di desa Rantau Jaya, Kecamatan Sungai Durian, Desa Lalapin Kecamatan Hampang, serta Desa Telagasari Kecamatan Kelumpang Hilir.[zainuddin]

Lebih baru Lebih lama