Maknai HUT Ke-62 Kodam VI, Kodim 1004 Gelar Donor Darah

Maknai HUT Ke-62 Kodam VI, Kodim 1004 Gelar Donor Darah

KOTABARU, MK - Dalam rangka HUT ke-62 Kodam VI/Mulawarman, Komando Distrik Militer (Kodim) 1004/Kotabaru menggelar bakti sosial (Baksos) donor darah di aula Dojo Makodim Kotabaru, Kamis (9/7/2020).

Untuk giat kemanusiaan bertajuk "Mulawarman Peduli" ini, Kodim Kotabaru bekerja sama dengan Palang Merah Indonesia (PMI) Kotabaru. Kegiatan ini digelar serentak di seluruh wilayah Kodam Mulawarman. 

Melalui video conference, Pangdam VI/Mlw Mayjend TNI Subianto mengatakan, Baksos donor darah ini bertujuan untuk mendukung program kemanusiaan dan merupakan rangkaian kegiatan HUT ke-62 Kodam VI/Mlw.

Selain itu, aksi ini juga bertujuan untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19, di mana mengakibatkan persediaan darah untuk masyarakat menjadi terbatas. Karena itu, seluruh personel Kodam VI diajak mendonorkan darahnya.

"Kita harus yakin dengan menyumbangkan darah kepada orang yang membutuhkan, berarti kita telah menyelamatkan nyawa orang lain. Setetes darah yang kita sumbang akan sangat berarti bagi keselamatan jiwa seseorang," tutur Subianto.

Pada kesempatan ini, Dandim 1004/Kotabaru Letkol Inf Rony Fitriyanto S.Sos menjelaskan, bakti sosial donor darah ini diikuti 75 pendonor, terdiri dari 50 prajurit Kodim Kotabaru plus 25 orang Persit KCK Kodim Kotabaru.

Selain donor darah, pada momen HUT ini juga dibagikan 2.400 masker kepada petugas kesehatan dan masyarakat di Bumi Saijaan. Masker secara simbolis diserahkan Dandim Rony kepada Kaposkes Dim Kotabaru.

"Mudah-mudahan dengan bakti sosial donor darah yang kita sumbangkan bisa bermanfaat bagi mereka yang membutuhkan, seperti masker yang kita bagikan, juga bermanfaat bagi masyarakat," katanya.

Dandim Rony juga mengimbau masyarakat Kotabaru agar melaksanakan protokol kesehatan, mengingat Covid-19 sudah berada di lingkungan sekitar.

Juga tampak hadir dalam baksos "Mulawarman Peduli", Kasdim 1004/Kotabaru Mayor Inf Samsul Kusairi S.Ag, Ketua Persit KCK ranting 27 Dim Kotabaru beserta anggota, seluruh perwira dan anggota Kodim Kotabaru, serta perwakilan Koramil.[zainuddin]

Lebih baru Lebih lama