Makin Ramai Diminati, Ini Manfaat Sansevieria...!

Makin Ramai Diminati, Ini Manfaat Sansevieria...!

BANJARMASIN, MK - Demam merawat bunga tampaknya mulai melanda kaum ibu-ibu. Aktivitas ini mulai digeluti kaum hawa di masa Covid-19 yang hingga kini tak tahu kapan bakal berakhir.

Alhasil, berbagai jenis bunga pun mulai jadi sasaran untuk ditanam sekaligus dirawat. Pemilihan jenis tanaman mulai dari tergantung kesenangan, hingga berorientasi pada manfaat bagi kesehatan.

Satu di antara tanaman yang terlihat ramai dibudidayakan di masa virus Corona ini adalah Sansevieria. Jenis tanaman bunga yang juga sering disebut Lidah Mertua ini diyakini memiliki banyak manfaat.

Alhasil, ibu-ibu pun tertarik untuk menanam dan merawat Sansevieria. Apalagi tanaman ini sangat bermanfaat buat kesehatan maupun kebersihan udara di dalam rumah.

Keyakinan akan manfaat ini sangat realistis mendasari ibu-ibu untuk menanam Sansevieria. Terlebih saat ini masih dalam situasi pandemi Covid-19, di mana masyarakat diminta untuk hidup bersih dan sehat sebagai bentuk partisipasi memutus rantai penyebaran virus Corona.

Erni Yanti, satu di antara penggemar Sansevieria di Kota Banjarmasin, Rabu (15/7/2020) mengaku tertarik menanam dan merawat tanaman Sansevieria ini, lantaran meyakini mampu membersihkan polusi dan menyerap racun di udara.

"Sansevieria ini cocok diletakkan di dalam rumah, karena memang ini jenis tanaman indoor yang bisa membantu membersihkan udara," tutur ibu tiga anak ini.

Menurut ibu yang akrab dipanggil Mama Mia ini, di masa Covid-19 seperti sekarang tentu sangat cocok menanam atau merawat Sansevieria. Dengan udara yang bersih tentunya virus juga bisa hilang. 

Berikut di antara manfaat Sansevieria:
1. Menyerap Polutan
Dari penelitian yang dilakukan NASA Clean Air Study tahun 1989, tanaman Sansevieria secara efektif dapat menghilangkan polutan, seperti formaldehyde, xylene, toluene dan nitrogen oxides. 

Sansevieria bekerja membersihkan udara dengan cara menyerap racun melalui daunnya dan memproduksi oksigen. Cocok ditempatkan di kamar tidur, karena saat tanaman lain melepaskan karbon dioksida pada malam hari, Sansevieria meneruskan memproduksi oksigen. 

2. Mengurangi Sick Building Syndrome
Apakah Sick Building Syndrome itu? Sick Building Syndrome adalah keadaan di mana ruangan yang ditempati oleh orang-orang memiliki kandungan karbon dioksida (CO2), nikotin, dan efek penggunaan AC yang tinggi. 

Dengan menempatkan Sansevieria di ruangan, zat-zat yang tidak bermanfaat yang merugikan kesehatan kita, dapat dikurangi.

3. Menetralkan Racun Nikotin
Jika pasangan anda masih berusaha untuk berhenti merokok? bisa menempatkan Sansevieria di area tempatnya biasa merokok. 

Sansevieria mampu memproduksi oksigen dalam jumlah tinggi sehingga asap tembakau yang mengandung racun nikotin dapat dinetralisir.

4. Menyerap Radiasi
Dari berbagai sumber, Sansevieria juga mampu menyerap radiasi. Tempatkan satu pot Sansevieria di ruangan, radiasi peralatan elektronik seperti televisi, komputer, dan handphone bisa diserap.

5. Sebagai Dekorasi Ruangan
Akun-akun Instagram kini banyak menampilkan ruangan yang cantik dengan penampilan Sansevieria. Seketika ruangan terasa berbeda dengan kehadiran Sansevieria.

6. Mudah diurus
Sansevieria ini sangat mudah diurus! Jangan khawatir bila lupa menyiram atau harus pergi beberapa hari ke luar kota. Justru tanaman Sansevieria ini tidak boleh sering disiram. 

Bila sering disiram, Sansevieria akan cepat membusuk dan mati. Siram sedikit jika tanahnya terlihat kering.

Dengan berbagai manfaat itu, tentu tanaman Sansevieria ini sangat cocok untuk ditanam sekaligus dirawat di sekitar rumah hingga di dalam rumah.[iqbal/berbagai sumber]
Lebih baru Lebih lama