Kunjungi KTB, Ini Pesan Dandim Kotabaru

Kunjungi KTB, Ini Pesan Dandim Kotabaru

KOTABARU, MK - Peninjauan ke Kampung Tangguh Banua (KTB) dilakukan Dandim 1004/Kotabaru Letkol Inf Rony Fitriyanto. Kali ini, Sabtu (11/7/2020) Rony mengunjungi 3 desa di 3 kecamatan berbeda.

Desa yang dikunjungi itu, yakni Desa Pudi Kecamatan Kelumpang Utara, Desa Tebing Tinggi Kecamatan Kelumpang Tengah dan desa Banjarsari Kecamatan Sampanahan. 

Menurut Rony, Covid 19 sudah mewabah ke seluruh dunia, dan kasus positif Covid-19 di Indonesia juga terus meningkat. Karenanya perlu dibentuk KTB dengan konsep tangguh keselamatan kesehatan, tangguh ekonomi, tangguh keamanan dan Tangguh informasi.

Ia mengatakan, untuk pelaksanaan disiplin protokol kesehatan diperlukan peran aktif masyarakat. Karena itu dibentuk KTB yang menitikberatkan keterlibatan masyarakat secara aktif, baik personal maupun kelompok.

"Tujuan dibentuknya Kampung Tangguh Banua agar masyarakat peduli dengan pencegahan virus Covid-19 dan mendorong masyarakat secara mandiri lebih taat dan tertib menjalankan protokol kesehatan dalam aktivitas sehari-hari," paparnya.

Peran Pemerintah dan TNI Polri, lanjutnya, adalah sebagai pendorong dan pendamping dalam pelaksanaan KTB. Warga kampung itu juga akan menjadi pelaksana KTB bersama dengan dukungan Forkopimca, perangkat desa, RT dan RW.

Dalam peninjauan KTB ini turut diserahkan bantuan APD, bantuan bibit jagung, benih ikan lele, serta pemasangan rompi kepada Tim Siaga Covid-19 oleh Bupati Kotabaru, Sayed Jafar dan Forkopimda.

Sementara itu, Sayed mengajak masyarakat selalu menjaga kesehatan dan bekerja sama sehingga dapat mewujudkan KTB yang benar-benar dapat diandalkan dan menjadi contoh kampung lainnya.

"Saya mengajak kepada masyarakat Kampung Tangguh Banua di Desa Rantau Jaya, untuk selalu patuh dan menjalankan protokol kesehatan yang telah ditetapkan pemerintah," tuturnya.

Kepada Pemerintah Desa, Sayed menginstruksikan untuk terus memberikan pemahaman kepada masyarakat agar selalu melaksanakan protokol kesehatan dalam aktivitas sehari-hari.

Turut hadir dalam peninjauan ini Kapolres Kotabaru AKBP Andi Adnan Syafruddin, Danlanal Kotabaru Letkol Laut (P) Guntur Dwi Yudhanto Suprawito, Anggota DPRD, serta Kepala SKPD.[zainuddin]

Lebih baru Lebih lama