Segera Pilih Ketum, Munas I JMSI bakal Dibuka Menko Perekonomian

JAKARTA, MK - Musyawarah Nasional (Munas) I Jaringan Media Siber Indonesia (JMSI) dijadwalkan bak dibuka Menko Perekonomian, Airlangga Hartarto pada Selasa (23/6/2020) besok.

Airlangga rencananya menyampaikan orasi di hadapan pengurus JMSI dari 27 provinsi dengan tema “Cetak Biru Ekonomi Nasional dalam Kerangka New Normal”. 

Plt Ketua Umum JMSI Mahmud Marhaba, Senin (22/6/2020) mengatakan, tema orasi dipilih karena faktanya Indonesia seperti negara-negara lain di seluruh dunia sedang menghadapi situsi yang sangat menantang terkait penyebaran Covid-19. 

“Dalam situasi sulit seperti ini, kami rasa sudah seharusnya kita memiliki pemahaman yang utuh mengenai tantangan yang ada di hadapan kita, juga strategi menghadapinya. Kita semua tentu berharap dapat melalui masa-masa sulit ini dengan baik,” ujarnya. 

Sebelum Munas I JMSI dibuka, JMSI telah menggelar tiga diskusi dengan tema yang kurang lebih sama bersama 3 Duta Besar RI di 3 negara sahabat, yakni di Republik Rakyat China, Republik Korea atau Korea Selatan, dan Republik Vietnam. 

Dalam diskusi virtual itu dijelaskan kebijakan masing-masing negara dalam menghadapi pandemi Covid-19, juga strategi yang dipilih untuk memulihkan ekonomi di tengah ancaman virus Corona.

“Ini adalah kesempatan yang sangat berharga. Kami berharap pengelola media massa siber di seluruh Indonesia yang bergabung dalam JMSI dapat memetik berbagai pelajaran penting dalam hal penangan Covid-19,” ujar Mahmud.

JMSI adalah organisasi perusahaan media massa berbasis internet atau media siber (cyber media) yang dideklarasikan di Banjarmasin, Kalimantan Selatan, pada tanggal 8 Februari 2020.

Sejauh ini JMSI sudah memiliki pengurus di 27 provinsi di Indonesia. Adapun pengurus di tujuh provinsi lain sedang dalam fase persiapan. 

JMSI bertujuan membantu perusahaan media siber yang tumbuh dan berkembang di daerah menjadi perusahaan yang sehat dan profesional sesuai amanat UU 40/1999 tentang Pers dan Dewan Pers.

“Juga menjadi tanggung jawab kami untuk mengawal dan menjaga kualitas kemerdekaan pers kita,” ujar Mahmud didampingi Plt Sekjen Rahiman Dani. 

Munas I sedianya diselenggarakan di Pekanbaru, Riau. Namun karena pandemi Covid-19 akhirnya disepakati untuk diselenggarakan secara virtual dengan tetap menjadikan Riau sebagai tuan rumah pada kegiatan puncak Munas I JMSI.

Puncak Munas I sendiri diselenggarakan pada Senin, 29 Juni 2020 dengan agenda antara lain menetapkan Anggaran Dasar dan melakukan pemilihan Ketua Umum (Ketum).[jmsi]
loading...

Posting Komentar

0 Komentar