Rampung, Tahapan Hibah Dana Pilkada sudah 100 Persen

Rampung, Tahapan Hibah Dana Pilkada sudah 100 Persen

BATULICIN, MK - Pengucuran dana hibah untuk Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2020 mulai dilakukan Pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu secara bertahap.

Baik Komisi Pemilihan Umum (KPU) maupun Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) selaku penyelenggaraan dan pengawasan Pilkada, mendapatkan 100 persen hibah anggaran dari Pemkab.

Pengucuran dana hibah ditandai dengan penyerahan secara simbolis oleh Bupati Tanbu, H Sudian Noor kepada Ketua KPU Tanbu, Makhruri serta Ketua Bawaslu Tanbu, Kamil Malewa di ruang rapat Gugus Tugas Covid 19, Rabu (24/6/2020).

Dana yang dipersiapkan untuk menunjang pelaksanaan Pilkada, yakni Pemilihan Bupati (Pilbup) Tanbu sebesar Rp28 miliar untuk operasional KPU. Sedangkan untuk Bawaslu sebesar Rp10,5 miliar.

Pelaksanaan Pilbup, kemungkinan besar masih dihadapkan dalam situasi pandemi Covid-19. Alhasil, proses pemungutan suara harus tetap mengacu pada aturan protokol kesehatan.

Terkait ini, Bawaslu penyiapkan kelengkapan Alat Pelindung Diri (APD). Bentuk apapun yang bakal diperlukan, solusinya sudah dilakukan berupa restrukturisasi anggaran dalam dana hibah yang telah disepakati sebelumnya.

“Restrukturisasi ini harus dilakukan, karena bertambahnya TPS tentu bertambahnya biaya operasional, waktu bekerja pihak Panwascam turut bertambah, sehingga dengan restrukturisasi ini pula akan menutupi anggaran anggaran tambahan yang diperlukan,” paparnya.

Disebutkannya lagi, tanpa ada penambahan dana lagi untuk kelengkapan APD, hal itu sudah terbantukan dari sumber APBN, namun hanya berbentuk barang.

“Sumber APBN pun hanya berbentuk barang berupa kelengkapan APD, seberapa kita memerlukan maka barang akan di distribusikan dari Bawaslu RI sampai Bawaslu Provinsi,” ucapnya.

Sementara untuk Pilkada yang bakal digelar 9 Desember 2020, KPU Tanbu segera melakukan verifikasi faktual dalam rangka menguji kebenaran dukungan masyarakat terhadap calon jalur independen.

Namun sebelum itu, KPU Tanbu sedang mempersiapkan APD bagi petugas PPS yang akan bertugas sekaligus melakukan Bimtek.

“Selama 2 hari mulai tanggal 30 Juni ini, para PPS secara serentak akan melakukan verifikasi KTP dukungan untuk jalur perseorangan. Sementara untuk tahapan jalur partai akan dilakukan pendaftaran mulai 4 hingga 6 September 2020,” pungkasnya.[joni]

Lebih baru Lebih lama