Permudah Komunikasi Karhutla, Polda Kalteng Gandeng Telkomsel

Permudah Komunikasi Karhutla, Polda Kalteng Gandeng Telkomsel

PALANGKA RAYA, MK - Salah satu kendala yang dihadapi petugas di lapangan dalam menanggulangi kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) adalah komunikasi tidak ada jaringan.

Ini mengingat masih banyak wilayah Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) yang tidak terjangkau oleh jaringan telepon seluler.

Menyikapi hal itu, Kapolda Kalteng Irjen Pol Dedi Prasetyo menggandeng PT Telkomsel bekerja sama dalam upaya mempermudah komunikasi personel TNI Polri dalam melaksanakan tugas penanggulangan Karhutla di Bumi Tambun Bungai ini.

Kerja sama tersebut dituangkan dalam Memorandum of Understanding (MoU) antara Polda Kalteng dengan PT Telkomsel yang digelar di Mapolda setempat, Rabu (17/6/2020).

Pada penandatangan MoU tersebut Kapolda didampingi Danrem 102 Panju Panjung, Brigjen TNI Purwo Sudaryanto dan disaksikan oleh seluruh personel TNI Polri.

"Telkomsel sudah bekerjasama dengan Polda Kalteng dengan menyiapkan sim card  khusus Karhutla yang mempunyai dua fungsi," ucap Kapolda kepada awak media.

Diuraikannya, fungsi yang pertama dari kartu tersebut bisa digunakan untuk menelpon dan fungsi yang kedua bisa digunakan seperti handy talky (HT) pada saat tidak ada sinyal untuk telpon seluler.

"Saya berharap dengan dilaksankannya kerja sama ini dapat membantu Bhabinkamtibmas dan Babinsa dalam pelaksanaan tugas di lapangan," tukasnya.[kenedy]

Lebih baru Lebih lama