Percepatan Penanganan Covid-19, Kapuas Usul Sarpras Lab Swab RT-PCR

KUALA KAPUAS, MK - Dalam upaya percepatan penanggulangan pandemi Covid-19, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kapuas, Kalimantan Tengah, kini tengah mengusulkan pembangunan sarana dan prasarana serta fasilitas laboratorium pemeriksaan Swab 
reverse-transcriptase polymerase chain reaction (RT-PCR) mandiri.

Direktur RSUD dr Soemarno Sosroatmodjo Kuala Kapuas, dr Agus Waluyo menyampaikan,
ketersedian Sarpras dan fasilitas dimaksud guna percepatan penanggulangan wabah Covid-19, percepatan pengujian spesimen Covid-19.

"Kita sudah mengusulkan pembangunan fasilitas dan penyediaan prasarana laboratorium pemeriksaan medis ini kepada Pemprov Kalteng yang diteruskan ke Pemerintah Pusat," kata Agus, Selasa (24/6/2020).

Menurut Direktur RSUD  Kapuas ini, pada dasarnya sebagaimana keinginan Bupati Kapuas, Ben Brahim S Bahat terkait percepatan penanganan Covid-19, sehingga apabila ada warga yang terindikasi terkonfirmasi dapat dengan segera ditangani,

"Ini dalam upaya memudahkan sekaligus agar dapat mengetahui dengan cepat Test Cepat Monokoler (TCM) terkait status pasien yang saat ini sedang menjalani penanganan medis baik di RSUD Kapuas maupun yang sedang menjalani isolasi di rumah karantina NSD yang flow up statusnya," paparnya.

Terutama, lanjut dia, bagi mereka yang sudah menjalani pemeriksaan lanjutan berdasarkan rapid test dan swab  apakah hasilnya positif   terkonfirmasi atau tidak terhadap Covid-19.

Secara berjenjang untuk tahap awal, jelas Agus diusulkan laboratorium yang standar ke Dinas Kesehatan Propinsi, yaitu pemeriksaan melalui TCM dan selanjutnya ke Pemerintahan Pusat melalui RT-FCR.

"Kenapa demikian karena kalau melalui TCM, itu hanya mampu memeriksa sekitar 16 hasil saja sehari dalam scraningnya," terang Agus.

Sedangkan pada FCR itu bisa dengan kisaran 64 hingga 128 sampel setiap hari.

"Kita diharapkan usulan  ini dapat disetujui dan segera direalisasikan, mengingat keberadaan fasilitas ini sangatlah penting peruntukannya  guna percepatan penanggulangan wabah Covid-19 ini agar tidak lebih meluas penyebaranya," tukasnya.[zulkifli]

loading...

Posting Komentar

0 Komentar