Masuki Sidang Ketiga, Wartawan Kalsel terus Kawal Sidang Diananta

Masuki Sidang Ketiga, Wartawan Kalsel terus Kawal Sidang Diananta

BATULICIN, MK - Semangat dan solidaritas terus ditunjukkan rekan-rekan jurnalis Kalimantan Selatan, khususnya Kotabaru, terhadap eks Pemimpin Redaksi banjarhits, Diananta Putra Sumedi yang tengah berada di kursi pesakitan. 

Bahkan meski sempat diguyur hujan, puluhan wartawan dari berbagai media massa ini tetap antusias menyaksikan sidang ketiga melalui layar video conference di Pengadilan Negeri (PN) Kotabaru, Rabu (17/6/2020).

Sidang kali ini beragendakan tanggapan Jaksa Penuntut Umum (JPU) terhadap eksepsi (keberatan) tim Kuasa Hukum Diananta yang sebelumnya dibacakan pada sidang Senin (15/6/2020) lalu.

Ketua Forum Pers Independen Indonesia (FPII) Kalsel, Iwan Hardi berharap rekan-rekan wartawan tetap bersemangat mengawal sidang Diananta.

"Mudahan di putusan sela nanti, majelis hakim dapat menerima eksepsi tim kuasa hukum," ungkapnya.

Iwan juga berharap Diananta dibebaskan, karena dia hanya menjalankan tugas jurnalistik, memberitakan fakta yang terjadi di tengah masyarakat.

"Diananta adalah seorang wartawan, baik secara de facto dan de jure," tandas wartawan Bumi Saijaan ini.

Dalam sidang kali ini, Diananta didampingi Tim Kuasa Hukum, beranggotakan Hafidz Halim SH, Suwari SH, Subhan SHI, Agus Supiani SH, dan Ahmad Silawijaya.

Tak hanya di lokasi sidang, puluhan jurnalis di Kota Banjarmasin juga melakukan aksi solidaritas dengan membentangkan spanduk dan penandatanganan bertajuk #BebaskanDiananta Diananta.
Aksi. Aksi ini dipusatkan di Bundaran Hotel Arum Banjarmasin.[joni]

Lebih baru Lebih lama