Kunker, Dua DPRD Ini Datangi DPRD Barsel

BUNTOK, MK - Gedung Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Barito Selatan (Barsel) tampak menjadi referensi rujukan para legislator dari dua daerah untuk melakukan kunjungan kerja alis kunker. 

Dua DPRD itu, yakni DPRD Kota Palangka Raya, Kalimantan Tenga (Kalteng) dan DPRD Kabupaten Tapin, Kalimantan Selatan (Kalsel). Kunker, Senin (29/6/2020) ini sendiri dalam rangka melakukan komparasi terkait beberapa buah Rancangan Peraturan Daerah (Raperda).

Ketua DPRD Barsel, Ir HM Farid Yusran MM mengatakan, selama pandemi Covid-19 ini, DPRD Barsel sudah banyak menerima kunjungan kerja dari DPRD, baik dari Kalsel maupun dari daerah Kalteng sendiri.

"Seperti hari ini ada dua rombongan DPRD sekaligus yang diterima, yaitu DPRD Tapin dan DPRD kota Palangka Raya," terangnya.

Pertama, lanjut Farid, rumah wakil rakyat Bumi Batuah dikunjungi legislator DPRD Kota Banjarmasin dan DPRD Kabupaten Banjar. Kemudian disusul anggota DPRD Kota Banjarbaru, DPRD Tanah Laut, DPRD Hulu Sungai Selatan, DPRD Balangan.

"Dan hari ini DPRD Tapin dan DPRD Kota Palangka Raya,” imbuh Farid.

Ia menjelaskan, dalam waktu dekat dijadwalkan ada beberapa DPRD lainnya yang akan melakukan kunker ke Barsel.

“Kegiatan seperti ini sangat bagus, jadi kita bisa saling sharing, sehingga apa yang belum tahu, bisa mengetahuinya,” tandasnya.

Sementara itu, Ketua Bapemperda DPRD Tapin, H Ihwannudi  Husin mengungkapkan, ada beberapa hal yang ingin distudybandingkan dengan DPRD Barsel. Namun yang utama adalah silaturahmi, selain melakukan komparasi terhadap beberapa Perda yang saat ini digodok di DPRD Tapin.

"Seperti contoh yang bisa kita komparasi di Barsel, ada Perda bangunan gedung komersil, salah satunya sarang burung walet, di mana kami ingin mengetahui bagaimana aturannya di Barsel," tuturnya.

Selain itu, DPRD Tapin juga ingin sharing ke DPRD Barsel terkait Covid-19, di mana ternyata apa yang telah dilakukan DPRD Tapin sama dengan apa yang telah dilakukan DPRD Barsel maupun Kota Palangkarl Raya, yaitu DPRD sudah sama-sama membuat pengawasan melalui Pansus.

“Kita berterima kasih kepada DPRD Barsel yang telah bersedia menerima kunjungan kerja DPRD Tapin, semoga silaturahim ini bisa bermanfaat bagi masyarakat,” harapnya.

Di sisi lain, Wakil Ketua DPRD Kota Palangka Raya Kalteng, Wahid Yusuf menyampaikan, kunjungan ke DPRD Barsel adalah untuk Kunker atau studi banding penanganan Covid-19 dan pengangaran dana tersebut.

"Apa sih peran dan keterlibatan DPRD Barsel untuk penanganan Covid-19 itu yang kami kaji," ucap Wahid.

Ia menambahkan, DPRD Palangka Raya ingin mengetahui penanganan Covid-19, baik meliputi dana sosial serta penanganan yang lain-lainnya. 

Wahid mengaku pilihan kunker ke DPRD Barsel, karena juga sudah melakukan kunker atau studi ke daerah lain.

"Kami sudah berkunjung Kabupaten Katingan. Posisi kami di Provinsi dan kami tetap harus sharing dengan kawan-kawan di Kabupaten," pungkasnya.[deni]

loading...

Posting Komentar

0 Komentar