Kunjungi Area Pertanian, Mentan Sebut Kapuas Miliki Potensi

Kunjungi Area Pertanian, Mentan Sebut Kapuas Miliki Potensi

KUALA KAPUAS, MK - Kedatangan Menteri Pertanian (Mentan) RI, Dr Syahrul Yasin Limpo (SYL) ke Kalimantan Tengah untuk meninjau salah satu area pertanian di wilayah Kabupaten Kapuas, di Desa Terusan Makmur, Kecamatan Bataguh, Kamis (11/6/2020).

Kunjungan SYL ke Kapuas ini turut didampingi Gubernur Kalimantan Tengah, H Sugianto Sabran, Pangdam XII/Tanjung Pura Mayjen TNI Muhammad Nur Rahmad, Bupati Kapuas Ben Brahim S Bahat, anggota DPR RI Ny Ary Egahni serta pejabat lainnya.

Usai mengunjungi lokasi pertanian, SYL bersama rombongan singgah ke Rujab Bupati Kapuas. Kepada sejumlah awak media SYL menyebut Kabupaten Kapuas merupakan salah satu wilayah di Kalteng yang menjanjikan untuk sektor pertanian.

"Lahan-lahan yang ada di Kalimantan Tengah itu adalah lahan-lahan yang sangat menjanjikan untuk kita produktifkan, termasuk Kapuas. Kabupaten lain kita memiliki potensi untuk kita kembangkan," kata SYL.

Kendati demikian, lanjut dia, ada tantangan-tantangan alam yang harus dihadapi untuk mengembangkan pertanian di wilayah itu. 

"Salah satunya adalah water manajemen yang harus lebih baik, irigasi yang lebih baik dengan demikian pasang surut itu bisa kita kendalikan," kata SYL kepada awak media.

Mantan Gubernur Sulsel ini mengatakan, pengembangan sektor pertanian membutuhkan sentuhan tekhnologi modern.

"Tentu dengan tekhnologi-tekhnologi baru menghasilkan bibit-bibit yang cocok pada rawa menjadi bagian-bagian untuk meningkatkan produktivitas," paparnya.

Saat ini Kalimantan Tengah ditunjuk sebagai daerah lumbung padi ketanahan pangan nasional.

"Saya lagi konsentrasi sesuai perintah bapak Presiden untuk membangun Kalimantan Tengah ini, untuk tidak hanya pertanian biasa tetapi pertanian yang lebih maju di Indonesia, kita berharap dari hulu ke hilir kita benahi sama-sama," katanya.

Usai melakukan kunjungan Mentan bersama Gubernur Kalimantan Tengah serta Pangdam XII/Tanjungpura bersama rombongan kembali bertolak ke Kota Palangka Raya, dengan menggunakan dua buah helikopter.[zulkifli]
Lebih baru Lebih lama